Elzadaswarman: Jangan Gunakan Plastik Hitam saat Qurban

Seekor sapi tergeletak setelah disembelih untuk dijadikan hewan kurban di Masjid Al Ihsan Tj Gadang.

Seekor sapi tergeletak setelah disembelih untuk dijadikan hewan kurban.

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Hari raya Idul Adha atau yang biasa juga disebut dengan Hari Raya Kurban sudah di depan mata. Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Elzadaswarman mengimbau agar pembagian daging Kurban tidak menggunakan kantong plastik hitam seperti bagaimana biasanya kerap dilakukan. Ini dikarenakan kantong plastik tersebut berbahaya bagi kesehatan.

“Kantong plastik hitam mengandung zat karsinogen yang bisa tercampur dengan daging. Jika kita makan akan berbahaya bagi kesehatan, bahkan dapat memicu penyakit kanker. Maka diimbau kepada seluruh panitia Kurban agar jangan menggunakan plastik hitam, tapi gunakan plastik putih atau transparan,” jelas Elzadaswarman.

Lebih lanjut, Elzadaswarman menuturkan kantong plastik berwarna hitam merupakan produk daur ulang dari banyak kantong plastik lain yang sudah tidak terpakai. Kantong plastik berwarna hitam adalah produk kantong plastik yang paling rendah kualitasnya. Sehingga makanan yang ditaruh di dalamnya dapat terkontaminasi zat-zat kimia yang terkandung dalam plastik tersebut.

Penggunaan kantong plastik berwarna lainnya untuk makanan sebenarnya  juga tidak dibenarkan. Tapi kadar zat pewarna atau karsinogen dalam plastik berwarna hitam lebih banyak.

“Jadi sebaiknya menggunakan plastik berwarna bening atau transparan untuk menaruh makanan,” tegas Elzadaswarman.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*