Emma: Pelaksanaan UN CBT akan Dievaluasi

Emma-Yohana-saat-memantau-UN-CBT-di-SMP-Negeri-2-Padangpanjang
Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Padangpanjang, sebagai satu-satunya sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional (UN) berbasis komputer atau Computer Based Tes (CBT) di Sumatera Barat. Mendapat perhatian khusus dari sejumlah pihak.

Advertisements

Seperti yang dilakukan oleh Anggota Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia dari Dapil Sumbar, Hj.Emma Yohanna ketika meninjau pelaksanaan Ujian Nasional di SMP 4 Padangpanjang dan SMPN 2 Padangpanjang, Selasa (5/6) kemarin.

Disampaikan Emma Yohanna, sebagai mitra dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, dirinya akan menyampaikan berbagai permasalahan yang ditemukannya dilapangan selama pelaksanaan UN. Apalagi, jelang pelaksanaan UN, dirinya sudah melakukan rapat kerja mengenai persiapan UN untuk tingkat nasional.

“Dari kunjungan lapangan tadi, kita mendapatkan beberapa keluhan dari guru-guru dan pengawas ujian tentang pelaksanaan UN ini. Termasuk juga ketika meninjau pelaksanaan UN CBT di SMPN 2 Padangpanjang,” kata Emma Yohanna yang didampingi oleh Wakil Wali Kota Padangpanjang Mawardi, Kepala Disdik Padangpanjang Desmon, Kepala SMPN 2 Padangpanjang Zulkifli.

Menurutnya, dalam pelaksanaan UN CBT yang hanya dilaksanakan di SMPN 2 Padangpanjang, proses ujiannya memang telah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan, dengan tidak adanya kendala yang dialami oleh siswa dalam menjawab pertanyaan yang diujikan.

“Kita memang menyadari, UN CBT ini baru pertama kali dilaksanakan dan masih ada kekurangan disana-sini. Tentunya ini akan menjadi catatan kami dalam rapat kerja dengan jajaran Kemindikbud nantinya. Sehingga, pada UN tahun 2016 nanti, tidak ada lagi kendala yang dialami seperti saat ini,” jelasnya.

Sebagai legislator yang mewakili Sumatera Barat, Emma Yohanna juga berkeingin untuk mendatang, bukan hanya SMPN2 Padangpanjang yang melaksanakan UN CBT.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Padangpanjang Mawardi mengakui, pelaksaan UN CBT yang hanya dilaksanakan di SMPN 2 Kota Padangpanjang, menjadi daya tarik tersendiri bagi daerah itu dalam pelaksanaan pendidikan berkarakter di Sumatera Barat.

“Kita juga terus memacu beberapa sekolah lain, untuk juga bisa melaksanakan ujian berbasis komputer ini. Dimana, saat ini baru SMAN 1 Padangpanjang dan SMPN 2 Padangpanjang yang melaksanakan ujian berbasis komputer,” kata Mawardi yang didampingi Kadisdik Desmon.

Menurut Mawardi, dari segi kelengkapan sarana dan prasarana sendiri, sebenarnya sudah ada beberapa sekolah yang telah siap untuk melaksanakan ujian berbasis komputer ini. Apalagi, sebagai salah satu pendukung visi dan misi pembangunan, Pendidikan memang mendapatkan porsi lebih dalam pengalokasian dana di APBD.

Terpisah, Kepala SMPN 2 Padangpanjang Zulkifli ketika ditemui menyebutkan, pada pelaksanaan hari kedua Ujian Nasional di sekolah tersebut. Tidak ditemukan kendala yang berarti baik dari peserta maupun pengawas ujian. “Meskipun di bagi menjadi tiga shif, tetapi peserta tetap semangat mengikuti proses ujian,” akunya. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*