Empat Pejudo Sumbar Lolos PON Remaja

Atlet, pelatih dan offesial Judo Sumatra Barat berfoto bersama Waketum II KONI Sumbar bidang pembinanaan prestasi, Handrianto (tengah) jelang kejuaraan.

Atlet, pelatih dan offesial Judo Sumatra Barat berfoto bersama Waketum II KONI Sumbar bidang pembinanaan prestasi, Handrianto (tengah) jelang kejuaraan.

Advertisements

PADANG, PADANGTODAY.COM Empat Judoka yunior Sumatra Barat tampil apik dalam ajang Pra Kualifikasi PON Remaja I di Jawa Timur. Mereka masuk 12 besar sistem double repecahnge dalam Kejurnas Pra PON Remaja di Jawa Barat yang digelar 29 Agustus hingga 1 September kemarin.

Ini artinya empat atlet Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumbar bakal mengirimkan empat nama yang nantinya mewakili Sumbar helatan PON Remaja 6-12 Desember mendatang. Kontingen PJSI Tuah Sakato nantinya mengirimkan satu atletnya di setiap nomor dan kelas yang dipertandingkan.

Kesepakatan KONI Pusat dan PB PJSI untuk PON Remaja akan ada enam nomor yang akan dipertandingkan. Tiga kelas untuk putra yakni 55 kilogram, 55-66 kilogram, dan 66-81 kilogram. Untuk putri kelas 44 kilogram, 44-52 kilogram, 52-63 kilogram.

Sebelumnya PJSI Sumbar mengirim enam orang judoka di Kejurnas, mereka Harizona Septia Pratama yang turun ditingkat kyu 2 untuk kelas 55 kilogram. M. Baitul Fajri tingkat kyu 3 untuk kelas 66 kilogram. Agus Suryadi tingkat kyu 3 di kelas 81 kilogram. Untuk tiga kelas putri antara lain Selviana Putri, kyu 3 untuk kelas 44 kilogram. Di kelas 52 kilogram menurunkan Sakinah dan kelas 63 kilogram, Wira Martha Lova kyu 3.

Dari enam orang pejudo yang dikirim, untuk tiga kelas putri, Sumbar berhasil meloloskan semua judokanya. Sementara di kelas putra hanya Harizona yang lolos kualifikasi Pra PON. Untuk M. Baitul Fajri dan Agus Suryadi harus mengakui kehebatan lawannya dan hanya mampu bersaing hingga babak penyisihan.

Pelatih Judo Sumbar Hendri Gusman Darma menjelaskan kejuaraan yang digelar di Padepokan Judo Indonesia (PJI) Ciloto Puncak Cianjur menempatkan judoka Sumbar hingga ke babak 8 besar. Harizona di babak 8 besar menang melawan Judoka Yogyakarta Hanif Mustaqim, namun kalah di semifinal dengan Kukuh Cahyono.

Hanya saja pada fase  perebutan posisi 3 besar, Harizona berhasil menang melawan M. Ahsan dari Kalimantan Selatan (Kalsel). Sementara itu Judoka Putri, Ranti Gumala juga mencapai babak 8 besar. Ia berhasil menang melawan Novita dari Kalsel. Di babak semifinal kalah melawan Khasani Silava dari Jawa Barat (Jabar). Pada perebutan juara 3, dia kalah dari Luh Eka M dari Bali.

Sementara itu untuk Sakinah, lanjut Hendri juga hanya finish di babak 8 besar. Dia menang lawan Nadia Shintya dari Sulawesi Selatan (Sulsel). Namun di babak semifinal kalah dari Ana Dwi Maulina asal Jabar. Pada perebutan tempat ke 3, ia kalah melawan Ni Luh Ade. Sementara itu, Wira Marthalova di babak 8 besar harus mengakui ketangguhan Judoka asal Bali Komachi Amano Lubis dari Bali. (can/if)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*