Emzalmi Lepas Ribuan JCH Kota Padang

 

Wakil Walikota Padang melepas JCH asal Kota Padang.

Wakil Walikota Padang melepas JCH asal Kota Padang.

PADANG, PADANGTODAY.COM -Sebanyak 1.023 Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Padang tahun 2014 ini akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada 1 September mendatang dari Bandara Internasional Minangkabau. Jamaah dibagi dalam 9 kloter  dengan menumpang pesawat Air Bus berkapasitas 450 penumpang. Jumlah kloter ini menyusut dari 12 kloter di tahun sebelumnya karena ada pengurangan 20 persen pada Embarkasi Padang.

Wakil Walikota Padang Emzalmi disela pelepasan JCH di Masjid Nurul Iman, Rabu (27/8) mengatakan, jamaah haji dari Kota Padang sekitar 28, 4 persen dari total jamaah haji dari Sumatera Barat yang berjumlah 3.607 orang.

“Dibandingkan jamaah dari daerah lain di Sumbar, maka kita masih dominan. Untuk itu, saya berharap kepada semua jamaah agar menjaga nama baik Kota Padang dalam konteks Sumatera Barat. Serta menjaga nama Sumatera Barat dalam konteks nasional, serta menjaga nama Indonesia dalam konteks global. Sebab jamaah haji adalah duta – duta bangsa,” kata Emzalmi.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Yetrizal Khatib menjelaskan, pada musim haji tahun ini, dari 1.023 calon haji Kota Padang, terdiri dari 378 pria dan 645 wanita. Sebanyak 150 orang diantaranya sudah pernah haji, 873 orang sisanya belum pernah haji.

Adapun calon haji termuda dari Kota Padang adalah wanita bernama Izzatul Azmi binti Syafruddin, berumur 19 tahun (kelahiran 1995) dan masih berstatus mahasiswi. Izzatul Azmi beralamat di Jalan Gunung Pangilun D/01 RT 001/RW 001 Padang Utara.

Sedangkan jamaah tertua adalah wanita bernama Syamsiar Udin binti Udin, berumur 89 tahun (kelahiran 1925), beralamat jalan DR. Soetomo No.80 D Padang.

Pada musim haji 2014 ini, selaku Pendamping JCH Kota Padang adalah Sekda Nasir Ahmad dan Kabag Kesra Setda Padang Al Amin.(*/can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*