Esok, Bupati Sampaikan Jawaban pada Fraksi

Ketua DPRD Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo

Ketua DPRD Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Bila tidak ada hambatan, akan berlangsung Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Limapuluh Kota, bertempat di aula DPRD Limapuluh Kota pada Kamis (8/9) ini. Agenda Paripurna DPRD tersebut yakni penyampaian jawaban Bupati atas pandangan umum fraksi DPRD terhadap Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD).

Ketua DPRD Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, didampingi Sekretaris Dewan Desri di sekretariat DPRD, Rabu (7/9), menyampaikan bahwa jadwal Rapat Paripurna sejak tanggal 25 Agustus hingga 8 September 2016 itu berdasarkan Rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD tanggal 25 Agustus lalu.

Dijelaskan Safaruddin, kegiatan yang telah dijawadwalkan Bamus ini tidak saja pembahasan Ranperda SOPD, akan tetapi juga dibarengi dengan laporan realisasi semester pertama APBD Tahun Anggaran 2016 dan laporan prognosis 6 bulan berikutnya yang disampaikan Sekwan Desri.

Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) pembentukan SOPD ini, Bamus DPRD Limapuluh Kota kembali mengadakan rapat untuk membuat jadwal baru.

“Mudah-mudahan semua kegiatan yang telah dijadwalkan Bamus itu berjalan dengan lancar,” ujar politisi Partai Golkar itu.

Bupati Limapuluh Kota Ir. Irfendi Arbi, MP dalam penyampaian Nota Bupati terhadap Ranperda tentang SOPD itu, menyebutkan Nota Ranperda tentang SOPD itu menindaklanjuti amanat pasal 232 Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014. Maka, Pemerintah pada tanggal 15 Juni 2016 menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah.

Melalui penataan organisasi tersebut, diharapkan kinerja pemerintah daerah menjadi lebih efektif dan efisien. Nota penjelasan atas Ranperda itu disampaikan Bupati agar dapat memberikan gambaran umum yang terkandung di dalamnya.

”Untuk melahirkan sebuah Ranperda menjadi Perda tentu dilakukan secara bersama-sama dengan pengkajian dan pembahasan guna mendapatkan kesatuan pandangan dalam mewujudkan kebijakan-kebijakan daerah yang lebih baik,” sebut Irfendi Arbi.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*