F-WAN Pertahankan Payakumbuh Kota Sehat ‘Swastisaba Wistara’

Walikota Payakumbuh Riza Falepi memukul beduk pertanda dimulainya MTQ tingkat Kota Payakumbuh ke 36 di Pakan Sinayan.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Pasangan Kepala Daerah Payakumbuh Riza Falepi-Suwanded Mukhtar atau populernya disebut F-Wan, meminta jajaran Dinas Kesehatan beserta seluruh stakeholder, agar mampu mempertahankan  gelar Kota Sehat Swatisaba Wistara atau Tingkat Pengembangan Tahun 2015 seperti yang telah diraih Kota Payakumbuh tahun 2013 lalu.

Gelar Swatisaba Wistara yang sangat bergengsi itu harus dipertahankan kembali, kita tak ingin lepas tahun ini, karena hal ini menjadi komitmen yang kuat Pemko dalam membudayakan Prilaku hidup sehat di tengah masyarakat, ujar Suwandel Mukhtar.

Hal tersebut dikatakan Wawako Suwandel Mukhtar saat menghadiri Rapat persiapan penilaian Kota Sehat tahun 2015 di Aula Balaikota Bukik Sibaluik Selasa (27/1) yang dihadiri Plh.Sekdako Yoherman, Asisten II Amriul Dt.Karayiang, Kepala Bappeda Rida Ananda, Kadis Kesehatan Elzadaswarman, Pimpinan SKPD dan Camat se Kota Payakumbuh.

Kepala Bappeda Rida Ananda yang juga selaku Ketua Tim Pembina Kota, saat memimpin rapat persiapan dimaksud menyebutkan sebagai langkah awal Kota Payakumbuh sudah mengirimkan pernyataan kepesertaan kegiatan Kota Sehat 2015 ke Propinsi dan pada awal Februari nanti  Tim Propinsi Sumatera Barat akan melakukan verifikasi, kunjungan ke lapangan.

Oleh karena itu diharapkan Rida Ananda kepada SKPD terkait  untuk mempersiapkan dokumen penunjang sesuai indicator setiap tatanan mulai dari tingkat kota sampai ke tingkat Kecamatan/Kelurahan paling lambat pada awal Februari sudah lengkap.simpulnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Elzadaswarman menjelaskan beberapa asfek penilaian Kota Sehat yaitu 30 % pada pencapaian 5 Pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) meliputi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) hal ini sudah menjadi kebiasaan di masyarakat sejak dilakukan sosialisasi secara terus menerus oleh jajaran Kesehatan, untuk membuang air besar sembarangan tempat hampir tidak ada lagi karena rumah-rumah penduduk sudah dilengkapi dengan MCK, kemudian pemanfaatan sarana air bersih sudah mencapai 90 %  lebih saat ini.

Lebih jauh dikatakan saat sekarang dilingkungan pemukiman pada 62 Kelurahan sudah bersih dan sehat proses prilaku masyarakat terhadap hidup sehat sudah bergeser dari yang kurang  baik menjadi kultur budaya, kata Elzadaswarman atau lebih populernya Om Zet.

Dibagian lain disebutkannya sejak tahun 2004 yang lalu Payakumbuh sudah menerima penghargaan dari Presiden RI sebagai Kota Sehat, kemudian tiga kali berturut-turut 2009, 2011 dan terakhir 2013 meraih gelar kota sehat Swatisaba Wistara tingkat pengembangan dan pada tahun 2015 ini Dinas Kesehatan bersama stakeholder bertekad mempertahankan gelar bergensi tersebut, simpulnya.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*