Facebook dan Indosat Bekerjasama Untuk Akses Internet Gratis

Ilustrasi kerjasama

Ilustrasi kerjasama

Advertisements

PADANGTODAY.COM– Belum lama ini Facebook dan Indosat bekerjasama untuk akses internet gratis. Hal itu sejalan dengan program Internet.org yang merupakan inisiasi yang diprakarsai founder & CEO Facebook Mark Zuckerberg untuk menyediakan akses internet ke daerah-daerah terpencil yang belum terjamah.

Niat baik dari kerjasama itu memang perlu diapresiasi. Kendati begitu, menurut Chairman KlikIndonesia, Henry Kasyfi, alangkah bagusnya jika operator telekomunikasi juga membantu meningkatkan jumlah akses konten lokal atau para pemain over-the-top (OTT) dalam negeri daripada konten asing.

Pasalnya, kata dia, melihat statistik Indonesia yang pengguna internetnya sudah mencapai lebih dari 75 juta user, namun akses kontennya masih 30 persen lokal dan 70 persen asing.

“Saya rasa sebaiknya fokus kita adalah memutarbalikan 30:70 tersebut. Jangan sampai dana kita semua dicurahkan ke infrastruktur, namun dinikmati secara gratis oleh konten milik asing, bahkan pemasukan pajak dari mereka pun masih minim,” ujarnya .

Untuk melakukan hal itu, kata dia, kontribusi operator telekomunikasi sangat diidamkan untuk lebih pro konten lokal dari pada konten asing.

“Kami mengerti bahwa Facebook sebagai icon pemasaran adalah sangat baik untuk meningkatkan pelanggan perusahaan, tapi kita punya problem nasional yang perlu kita solusikan bersama, yaitu sangat dominannya konten milik asing di Internet Indonesia. Untuk saat ini, itulah yang harus menjadi fokus kita bersama,” jelasnya.
(bbo/uil)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*