FENOMENA ALAM DI LANGIT SUMBAR, AWAN BENTUK UFO

Fenomena awan dilangit

Advertisements

Padang,PADANG-TODAY.COM – Fenomena alam terjadi dilangit Sumatera Barat awan berbentuk layak UFO lebih dikenal awan lentikularis.

“Sejumlah lokasi di kabupate/kota Sumbar sangat terlihat jelas awan lentikularis,”kata Kepala Seksi (Kasi) Informasi dan Observasi BMKG Ketaping,Padangpariaman, Budiman saat dihubungi dari Padang.

Ia menjelaskan, awan lentikularis.sangat terlihat di antaranya Kabupaten Solok, Kabupaten Tanah Datar, Kota Padangpanjang.

Awan ini terjadi akibat turbelensi biasanya terjadi di daerah pergunungan. “Awan ini seringnya terbentuk di atas barisan pegunungan, ketika udara bertemu barisan pegunungan ini, udara pun naik ke atas.

Sebenarnya hanya awan biasa namun karena adanya dua angin yang berlawanan arah dan saling bertumbukan sehingga membentuk awan melintir. “Adanya angin yang cukup kencang di dekat puncak gunung, angin tersebut terbentur gunung sehingga melintir dan mempengaruhi bentuk awan diatasnya,”jelas Budiman.

Ia mengatakan, awan lentikularis ini sangat bahaya bagi penerbangan rendah seperti helikopter karena ada turbulensi. Turbelensi di sekitar awan dekat permukaan.

“Kalau pesawat boeing atau jet tidak berbahaya karena turbelensinya lebih tinggi,”katanya.

Sementara itu Ferix salah seorang warga Padangpanjang membenarkan melihat ada fenomena awan di langit Kota Bukittinggi.

“Fenomena awan tersebut dilihat sekitar pukul 07.00 hingga pukul 7.30 WIB. Melihat ketika berada di By Pass Bukittinggi,Koto baru, jalan lingkar luar antara Kota Padangpanjang,”katanya.

Saat melintasi ruas jalan tersebut sempat mengabadikan bersama anaknya untuk melihat di langit tersebut. “Awannya cukup aneh terlihat seperti UFO terbang dilangit,”ungkap Ferix.(*Der).

Fenomena awan dilangit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*