Fraksi Demokrat Dorong Target PAD

Juru bicara FD Ridwan usai pembacaka ... ain fraksi kepada ketua DPRD Yb. Parmato Alam.

Juru bicara FD Ridwan usai pembacaka … ain fraksi kepada ketua DPRD Yb. Parmato Alam.

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Nota keuangan dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) kota Payakumbuh tahun 2015 terjadi peningkatan. Maka, Fraksi Demokrat (FD) DPRD Kota Payakumbuh, mendorong supaya terget Pendapatan Asli Daerah (PAD) dapat direalisasikan sebaik-baiknya.

“Kita lihat, pada APBD tahun anggaran 2015, terjadi peningkatan sebesar 14,74% dibandingkan dengan PAD tahun 2014 sebesar Rp60.965.911.396,- menjadi Rp69.955.234.995. Maka, FD mengapresiasi Pemko Payakumbuh dalam peningkatan PAD ini, “ujar juru bicara FD Ridwan.SH ketika menyampaikan pandangan umum fraksi-fraksi dihadapan pimpinan DPRD dan SKPD serta para undangan lainnya, Senin (10/11).

Dijelaskan Ridwan, kedepan pemerintah daerah harus melakukan optimalisasi sumber-sumber PAD, dengan berbagai program kegiatan yang akan mendukung keberdayaan peningkatan ekonomi berbasi lokal, serta yang tidak kalah penting adalah mengantisipasi kebocoran pendapatan tersebut.

Mercermati semakin kompleknya tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat. Maka kebutuhan belanja daerah akan terus mengalami peningkatan, baik untuk belanja langsung maupun belanja tidak langsung yang dianggarkan sesuai objek belanja berdasarkan kewenangan pemerintah daerah.

Untuk tetap menjamin terselenggaranya kegiatan umum pemerintahan dan pembangunan serta pemberian pelayanan yang semakin baik kepada masyarakat, maka dalam mengalokasikan belanja daerah Pemko Payakumbuh harus melaksanakan dengan menggunakan sitem skala prioritas dalam memilih berbagai artenatif program dan kegiatan pembangunan yang menjadi kebutuhan dasar di masyarakat.

Mengingat sangat pesatnya perkembangan penduduk yang sekaligus meningkatnya taraf ekonomi masyarakat, maka perlu kiranya pengendalian dan penataan pada suatu daerah. Seiring dengan itu, FD melihat Pemko Payakumbuh dapat mengatur pola keseimbangan daerah dengan kebutuhan lingkungan yang lain seperti tersedianya Ruang Terbuka Hijau (RTH) ditengah masyarakat.

“Kedepan, FD meminta kepada Pemko Payakumbuh untuk mengevaluasi seluruh produk perda yang tidak sesuai dan ranperda baru yang akan diajukan untuk dicermati lebih dulu, sehingga rencana prolegda tahun 2015 mendatang sesuai yang telah kita sepakati bersama, “ujar Ridwan. (mnc​)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*