Gedung Serbaguna IPHI Center Limapuluh Kota Diresmikan, Bupati: Berkat Gotong-Royong

IPHI Center - Ketua IPHI Limapuluh Kota, Ketua Pembangunan Gedung H Saiful SP, Kakankemenag H Gusman Piliang MM, Bupati Irfendi Arbi MP, menyaksikan pendatangan prasasti

IPHI Center – Ketua IPHI Limapuluh Kota, Ketua Pembangunan Gedung H Saiful SP, Kakankemenag H Gusman Piliang MM, Bupati Irfendi Arbi MP, menyaksikan pendatangan prasasti

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Gedung Serbaguna Ikatan Persaudaran Haji Indonesia (IPHI) Center Kabupaten Limapuluh Kota diresmikan. Gedung yang dibangun di atas tanah 1660 m2 dengan luas bangunan 23 X 13 m2 berlokasi di Tanjung Pati. Tanah tersebut merupakan wakaf dari almarhumah Hj Nurbaya, dilokasi tersebut almarhumah juga mewakafkan Mushalal 11 X 13 yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung ibadah.

Sekretaris Jenderal IPHI Pusat Drs H Samidin Nashir MM yang meresmikan Gedung IPHI Center ini, Kamis (21/7/2016) menyatakan kebanggaannya dengan masyarakat Limapuluh Kota yang telah mampu membangun gedung megah ini.Bangunan ini merupakan membuktikan kepedulian anggota IPHI untuk terus berhikmat dalam meningkatkan kualiats kehidupan umat Islam di Luak nan Bungsu ini. IPHI memiliki tujuan haji sepanjang hayat.

Gedung IPHI Center Limapuluh Kota ini, diakui gedung termengah dan terluas di luar pulau Jawa. Ke depannya saya berharap agar pemanfaatan gedung ini dapat ditingkatkan dengan mendirikan Poliklinik kesehatan. Rumah Sakit IPHI dikembangkan dengan mendirikan lembaga pendidikan dan lembaga ekonomi lainnya. Tiga hal tersebut merupakan pilar misi IPHI.

IPHI merupakan wadah bagi perkumpulan orang-orang yang telah menunaikan rukun Islam ke-5. IPHI disamping wadah silaturahmi juga harus memainkan peranan strategis dalam berdakwah, IPHI diharapkan mampu untuk menjadi solusi dari berbagai persolan keumatan yang sedang dihadapi.

”IPHI harus mampu menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan dalam memastikan perananya dapat dirasakan oleh anggota dan masyarakat luas, lanjut mantan Dandim Pasaman ini,” ujar Drs H Samidin Nashir MM.

Keberadaan Gedung IPHI Center ini dapat digunakan untuk berbagai kegiatan keagamaan. Perlu jadi catatan bersama bagaimana menjaga serta merawat aset umat ini. Gedung Serbaguna IPHI ini harus dikelola secara professional dengan pendekatan manajemen modern sehingga pengelolanya akan transparan dan akuntabel.

Modal Sosial

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi yang menghadiri peresmian IPHI menyampaikan, bahwa salah satu modal sosial yang dimiliki masyarakat Limapuluh Kota ialah semangat bergotoroyong. Pembangunan gedung ini menjadi buktinya.

”Pemerintah Limapuluh Kota sesuai dengan visi kepemimpinan kami, memiliki komitmen yang kuat untuk mengutamakan pembangunan di bidang keagamaan. Pada momentum strategis ini saya berharap kepada seluruh komponen untuk terus manunggal dalam menyukseskan pembangunan Limapuluh Kota,” ujar Irfendi Arbi.

Bupati Irfendi Arbi melanjutkan, dengan semangat gotong royong dari seluruh komponen yang ada, berbagai persoalan kehidupan yang dihadapi masyarakat Limapuluh Kota akan dapat diatasi secara terpadu. Kita memiliki potensi zakat, infak sadaqoh yang cukup besar unutk membantu pengentasan kemiskinan, mengurangi angka kesenjangan sosial dan tentunya juga untuk pendidikan.

Oleh sebab itu besar harapan kepada seluruh anggota IPHI Limapuluh Kota untuk tumbuh dan berkembang sebagai lokomotif dakwah yang sejuk di daerah kita ini.

Kakan Kemenag Limapuluh Kota Gusman Piliang yang mewakili Kakanwil Kemenag Sumatera Barat menyampaikan menyampaikan apresiasi serta rasa bangga kepada keluarga besar IPHI Limapuluh Kota yang telah sukses membangun IPHI center yang megah di atas tanah yang luas.

Kementerian Agama memiliki political will yang kuat untuk terus mendorong Pembangunan IPHI center ini terus dilanjutkan dan ditingkatkan, keberadaan IPHI Center akan menjadi magnet bagi perkembangan dakwah di Limapuluh Kota.

”Ke depan, saya berharap agar pemeliharan gedung ini dikelola secara baik dan transparan. Kita harus kembangkan gedung ini untuk kegiatan produktif yang memiliki nilai ekonomis dalam rangka memenuhi biaya operasionalnya, selamat kepada kita semua dan gedung ini merupakan kebangaan kita semua,” kata Gusman.

Acara peresmian gedung IPHI center dihadiri oleh, Sekjen IPHI Pusat dan rombongan, Kanwil Kemenag Sumatera Barat, Bupati Limapuluh Kota, unsur Muspida, pengurus IPHI Sumatera Barat, jajaran Kemenag Limapuluh Kota, Organisasi keagaman Islam, tokoh masyarakat dan para anggota IPHI Limapuluh Kota. Haji sepanjang hayat.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*