Gejala Awal Dari Diabetes

ILUSTRASI

ILUSTRASI

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Diabetes adalah penyakit metabolik, yang ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) dalam darah. Ada dua jenis diabetes, yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 (atau diabetes mellitus). Mari kita kenali gejala awal dari diabetes.

1. Sering buang air kecil (Poliuria)

Anda jadi sering buang air kecil? Hal itu dikarenakan ginjal mulai bekerja keras untuk menyingkirkan glukosa berlebih dari darah.

2. Rasa haus yang berlebihan (Polidipsia)

Ini adalah salah satu tanda dari diabetes mellitus tipe 2. Karena sering kencing, Anda jadi membutuhkan lebih banyak cairan.

3. Peningkatan rasa lapar (Polyphagia)

Peningkatan rasa lapar adalah salah satu tanda dan gejala dari diabetes mellitus tipe 2. Sel-sel tubuh Anda tidak mendapatkan cukup glukosa, sehingga Anda kemudian menjadi mudah lapar.

4. Mulut kering

Mulut kering adalah salah satu gejala dari diabetes. Anda akan mengalami masalah kelembapan di mulut. Mulut kering dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, serta menyebabkan masalah gigi dan mulut.

5. Kenaikan dan penurunan berat badan yang tak bisa dijelaskan

Ini adalah salah satu tanda awal diabetes tipe 2 pada orang dewasa. Karena insulin tidak dapat mengangkut glukosa ke dalam sel, tubuh bereaksi seolah-olah tubuh dalam keadaan lapar dan mulai menggunakan protein dari otot.

6. Kelelahan

Rasa lelah yang berlebihan disebabkan oleh kadar glukosa yang rendah dalam sel. Kelelahan juga terjadi karena waktu tidur Anda terganggu saat malam, karena Anda bolak-balik ke kamar mandi.

Inilah enam gejala awal diabetes tipe 2 pada orang dewasa. Kenali gejalanya agar Anda bisa segera mengambil tindakan!
(des/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*