Gejala Awal Radang Empedu Sama Dengan Penyakit Maag

sakit-maag-kronisPADANGTODAY.com – Dokter spesialis bedah saluran cerna, Errawan Wiradisuria mengatakan, gejala pada Radang Empedu Sama Dengan Penyakit Maag. Banyak pasien yang mengira hanya sakit maag ketika gejala tersebut dirasakan.

Rasa mual, nyeri pada lambung, sakit pada ulu hati, memang beberapa gejala sakit maag. Namun, jangan anggap enteng ketika gejala-gejala tersebut muncul karena bisa saja Anda ternyata terkena sakit radang kantong empedu.

Penyakit radang kantong empedu kadang disertai dengan adanya batu. Batu ini bisa menjadi salah satu pemicu radang karena adanya kuman pada batu tersebut. Gejala lebih lanjut untuk radang empedu yaitu mata menguning. Inilah yang bisa membedakan dengan penyakit maag.

“Batu ke luar dari kantong empedu, menuju saluran dan menyumbat. Itu bisa menyebabkan mata kuning,” terang dia.

Namun, memang sulit untuk membedakan gejala awal kedua penyakit tersebut. Menurut Errawan cara paling mudah dan akurat untuk mengetahui penyakit pada seluran pencernaan adalah dengan melakukan USG (ultrasonografi).

Menurut dia, gangguan utama pada gangguan pencernaan ini adalah pola makan yang tidak sehat. Untuk itu, konsumsi lah makanan sehat seperti memperbanyak sayuran, buah-buahan, atau makanan yang berserat tinggi. Perbanyak juga meminum air putih dan konsumsi vitamin. Selain pola makan, gaya hidup sehat juga perlu seperti olahraga teratur.(ks/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*