Generasi Cerdas Lewat Orangtua Terdidik

Generasi cerdas lewat orangtua terdidik.

Generasi cerdas lewat orangtua terdidik.

Advertisements

PARIAMAN, PADANGTODAY.com-Siapa bilang guru muda tidak? Tantangan ini dijawab oleh guru-guru peserta Program School of Master Teacher (SMT) Dompet Dhuafa Singgalang.

Bersama koordinator SMT wilayah Sumatera Barat, Rizki Ikhwan, para guru muda SMT menggarap agenda “Seminar Parenting Skills” pada Minggu (12/4) di kota Pariaman.

Berkat kelihaian para guru muda ini, mereka sukses menyeret sekitar 100 peserta untuk hadir mengikuti seminar di aula Stit Syech Burhanuddin, Kota Pariaman.

Seminar tentang pentingnya ilmu orangtua dalam mendidik anak ini, dimulai dengan kata sambutan dari staff Dompet Dhuafa Singgalang, Syamsul Bahri. Mewakili nama Dompet Dhuafa Singgalang, Syamsul menyatakan siap untuk memberi dukungan dalam rangka memajukan pendidikan anak bangsa.

Selanjutnya sambutan diberikan secara khusus oleh Kabid Dinas Pendidikan Kota Pariaman, Kasmi S.Pd. Kasmi menyatakan rasa bangganya terhadap kontribusi para guru muda yag mengusung tema kegiatan untuk mendidik mentalitas orangtua ini.

“Dinas pendidikan sebagai lembaga yang mewadahi para pendidik, mendukung kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat bagi lingkup pendidikan yang meliputi guru, orang tua, dan anak didik. Kami akan selalu memberi apresiasi untuk kegiatn seperti ini,” ungkap Kasmi dalam sambutannya.

Selanjutnya, materi seminar menghadirkan Pemateri yang merupakan Pakar Parenting Sumatera Barat, Hasbi SS, MedM.

Dalam materinya, Hasbi menegaskan pentingnya sinergi antara orangtua, guru, masyarakat, serta elemen lain yang mempengaruhi dunia pendidikan.

“Ilmu tentang cara menjadi orangtua, merupakan materi yang tak pernah kita temui dalam kurikulum pelajaran sekolah. Namun, dalam mendidik anak, setiap orang tua mesti memiliki ilmu yang mumpuni. Jangan sampai karena kesibukan orang tua, anak tidak mendapat perhatian dan pendidikan dari orangtua nya sendiri,” papar Hasbi.

Hasbi juga menambahkan, betapa banyak pasangan suami istri yang dinilai sukses secara materi, namun gagal dalam mendidik anak-anak mereka. Sehingga ilmu tentang bagaimana menjadi orangtua merupakan bekal yang perlu ditanamkan agar orangtua dapatmeraih kesuksesan dalam mendidik anak.

Dalam kegiatan ini, Rizki menyampaikan tujuan utama agenda kegiatan seminar parenting skills. Seminar ini merupakan terobosan yang ditawarkan oleh SMT Dompet Dhuafa Singgalang sebagai langkah awal meenuju kemajuan pendidikan di daerah, khususnya Kota Pariaman dan sekitarnya.

“Kegiatan ini merupakan sebuah proyek sosial yang diangkat para guru program SMT selaku panitia pelaksana. Acara ini diharapkan memberi pencerahan bagi otang tua dan guru dalam menyikapi masalah yang ditemui dalam menyikapi setiap murid atau anak-anak mereka sendiri,” pungkas Rizki. (nisa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*