Genius Umar Apresiasi Kecamatan Pariaman Timur

PARIAMAN,PADANGTODAY.COM -Kecamatan Pariaman Timur dapat menjadi contoh untuk kecamatan lain yang ada di Kota Pariaman dalam rangka menggalakan kembali kesenian daerah dan produk khas kerajinan daerahnya, demikian disampaikan oleh Wakil Walikota Pariaman Genius Umar  dalam sambutannya pada acara pembukaan Pameran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Pagelaran Seni Budaya se Kecamatan Pariaman Timur yang diadakan di Kantor Camat Pariaman Timur, Kamis (17/12).

Advertisements

Genius Umar juga mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Kecamatan Pariaman Timur ini, karena baru kecamatan ini yang pertama kali mengadakan dan menggelar ivent seperti yang kita saksikan hari ini. Kerajian produk UMKM dan Pegelaran Seni Budaya di daerah kita tidak kalah dengan produk dan budaya yang datang dari luar, karena itu perlu ada keberlanjutan dari kedua kegiatan tersebut, jangan sampai produk UMKM, dan Seni Budaya kita tergilas oleh kemajuan zaman yang mengadaptasi produk dan kerajinan dari luar. Perlu peran dari tokoh masyarakat untuk kembali menggiatkan kedua hal ini, dan juga peran Kepala Desa/Lurah untuk memperkenalkan Desanya dengan membuat Desa Wisata, atau apapun potensi yang bisa dikembangkan di desa untuk mempromosikan daerahnya.

“Kita harus bangga dengan seni budaya yang ada di masyarakat kita, karena itu kita harus selalu melestarikannya dan mengenalkannya pada generasi muda saat ini. Banyak efek positif dari seni dan budaya lokal kita, salahsatunnya dengan semakin maraknya orgen tunggal yang banyak negatifnya dari positifnya, dengan diganti dengan kesenian lokal secara tidak langsung akan mengurangi intensitas orgen tunggal yang sangat meresahkan warga. Dan kita juga harus bangga dengan memakai produk lokal yang ada di sekitar kita, yang secara tidak langsung akan mempromosikan daerah dan meningkatkan pelaku usaha UMKM yang ada di kota Pariaman”, jelasnya.

Camat Pariaman timur  Elvis Candra mengatakan acara Pameran Produk UMKM dan Pegelaran Seni Budaya se Kecamatan Pariaman Timur ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 17-19 Desember 2015, dengan menggelar Pameran dan untuk pementasan seni budaya daerah dilaksanakan di malam hari. Produk UMKM yang dipamerkan saat ini diikuti oleh 30 pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Pariaman Timur, dan pagelaran seni budaya dengan menampilkan petatah petitih, sanggar kesenian, rabab galuak, pencak silat, gandang tasa dan banyak seni lainnya.

Acara ini dihadiri oleh Kapolsek Pariaman Kompol Masri, utusan kodim 0308 Pariaman, Sekretaris Disbudpar Jafreki, utusan SKPD, Ketua LPM dan BPD se Kecamatan Pariaman Timur, Camat se Kota Pariaman , Tokoh Masyarakat Yosef Khairul, dan Kepala Desa dan Lurah serta masyarakat di kecamatan pariaman timur. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*