Genius Umar : Kita Harus Siap Dalam Menghadapi Bencana

PARIAMAN,PADANGTODAY.COM-Indonesia merupakan daerah rawan bencana, hampir seluruh bencana alam ada di bumi khatulistiwa ini, sehingga kita harus menyiapkan kelompok masyarakat yang selalu siaga dalam menghadapi bencana, demikian disampaikan Wakil Walikota Pariaman Genius Umar dalam sambutannya pada acara Pemantapan Satuan Tugas (Satgas) Taruna Siaga Bencana (Tagana) dalam penanggulangan dan pencegahan bencana Kota Pariaman yang diadakan di Pantai Cermin, selasa (23/2).
Genius Umar juga menyampaikan bahwa tanggung jawab penanggulangan dan pencegahan bencana menjadi urusan semua pihak, baik pemerintah dan masyarakat. Dari segi pemerintah, kita telah membuat berbagai program terkait tentang mitigasi bencana, serta persiapan dini pencegahan bencana, yang telah menjadi program strategis dari Kota Pariaman. Oleh karena itu kegiatan Pemantapan Satgas Tagana ini menjadi sangat startegis dalam konteks mempersiapkan Kota Pariaman sebagai kota tangguh bencana. Kita tahu dan sadar bahwa Kota Pariaman berada di dalam zona merah, akan tetapi kita juga harus siap menghadapi situasi darurat setiap saat, ujarnya.
“Selain dalam hal penanggulangan dan pencegahan bencana, karena Kota Pariaman berada di kawasan pesisir pantai, saudara juga akan dilatih dalam kegiatan penyelamatan di dalam laut. Baik dari segi skill dan keahlian menghadapi situasi korban tenggelam atau terbawa arus, juga hendaknya bekerjasama dengan kelompok wisata Diving dan Snorekeling, sehingga keahlian yang didapat semakin bervariasi, dan betul-betul dapat menjadi Tagana yang tegar, professional, percaya diri dan patriotisme ”, tutupnya.
Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Pariaman Afnil mengatakan, peserta Tagana yang akan mengikuti kegiatan Pemantapan Satuan Tugas (Satgas) Taruna Siaga Bencana (Tagana) dalam penanggulangan dan pencegahan bencana Kota Pariaman, terdiri dari relawan Tagana yang berjumlah sebanyak 40 orang, dengan menghadirkan narasumber dari Dinsosnaker Provinsi Sumatera Barat. Acara ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 23-24 februari 2016 di Pantai Cermin. Afnil juga mengucapkan terima kasih kepada Dinsosnaker Provinsi Sumbar yang telah memberikan bantuan 1 unit Mobil Dapur Umum Lapangan dan 1 unit sepeda Motor Trail untuk Kota Pariaman dari Kementerian Sosial RI, ucapnya.
Acara ini dihadiri oleh Kabid Baantuan dan Jaminan Sosial (Banjamsos) Irwan Basir, Kasatpol PP Kota Pariaman Yota Balad, Kabag Humas Hendri, Jajaran Dinas Sosnaker Kota Pariaman, dan para peserta yang berasal dari Tagana.(eri)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*