Genius Umar : Kita wujudkan masyarakat Kota Pariaman yang Sadar Wisata

Padangtoday.com-Pariaman — Kota Pariaman mempunyai kawasan pantai dan pulau yang indah dan belum tersentuh, sehingga pemerintah Kota Pariaman sangat serius untuk menggarap sektor ini menjadi sektor Pariwisata yang akan dikembangkan. Hal ini akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan yanga akan berkunjung ke Kota Pariaman, yang secara tidak langsung saat ini telah ada ribuan orang yang berkunjung setiap akhir pekan dan musim libur. Karena itu perlunya kesadaran masyarakat untuk menjadi masyarakat yang sadar wisata demi kemajuan pariwisata Kota pariaman, demikian disampaikan Wakil Walikota Pariaman Genius Umar dalam sambutanya pada acara Pelatihan Pemandu Wisata Bahari di Kawasan Penangkaran Penyu Desa Apar Kecamatan Pariaman Utara yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN PPM Universitas Bung Hatta Padang, di Aula UPT Konservasi Penyu Kota Pariaman, Rabu (8/7/2015).

Advertisements

Genius Umar juga menambahkan perlunya ada pembangunan yang berkelanjutan seperti yang dilaksanakan di UPT Konservasi Penyu Kota Pariaman. Penyu merupakan hewan yang dilindungi dan hampir punah, karena itu Konservasi Penyu ini dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan dengan menjadikannya sebagai Ecotourism. Dari pengembangan ini akan terjadi dampak Ekologi, Ekonomi dan Sosial di tengah masyarakat secara positif, yang secara umum akan menjadi benefit untukya.

“Perlunya peran masyarakat dalm mengembangkan pariwisata, baik partisipasi aktif masyarakat dalam memulai perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan pembangunan dan infrastruktur yang menunjang konsep pariwisata di Kota Pariaman. Tidak terlepas adalah kesadaran dalam menciptakan Sapta Pesona yang meliputi aman, tertib, bersih sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan, yang merupakan titik awal keberhasilan suatu daerah untuk menjadikan Pariwisata sebagai visi suatu Kota,” tukas Wakil Walikota Pariaman yang merupakan Doktor ilmu kebijakan publik ini.

Sebagai penutup wawako juga berpesan pada masyarakat untuk dapat menangkap peluang yang ada saat ini dengan semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung, baik dengan membuat kerajinan handycraft yang bercirikan khas Kota Pariaman atau menjajakan kuliner. Hadir dalam acara Dosen Pembimbing KKN PPM Universitas Bung Hatta Drs. Khairudin, M.Si, Dosen PTIK Karmila Suryani dan Eril Syahmaidi, 32 Mahasiswa Universitas KKN PPM di Desa Apar Kecamatan Pariaman Utara, Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Pariaman Jafreki, Kepala UPT Konservasi Penyu Citra Aditur Bahari, Kepala Desa Apar Hendrik serta sebanyak 100 masyarakat Desa Apar dan sekitarnya yang mengikuti pelatihan. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*