Genius Umar “Sensus Ekonomi menjadi acuan Pemko Pariaman dalam membuat kebijakan”

Wawako Pariaman memberikan arahan kepada peserta bitek.

Wawako Pariaman memberikan arahan kepada peserta bitek.

Advertisements

PARIAMAN, PADANGTODAY.COM-Diharapkan dengan adanya sensus ekonomi, dapat memberikan input data yang akurat, yang menjadi acuan bagi Pemerintah Kota Pariaman dalam membuat suatu kebijakan, demikian disampaikan Wakil Walikota Pariaman Genius Umar dalam sambutannya pada acara Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016 yang diadakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pariaman di Pendopo Rumah Dinas Walikota Pariaman, Kamis (3/11). Acara ini dihadiri oleh Kepala BPS Kota Pariaman, Muhammad Hudayah dan jajarannya, Kepala Kemenag Kota Pariaman Yutrizal Khatib, Kepala Bappeda Fadhli, Kepala SKPD terkait, pimpinan perusahaan (Bank, Hotel, Pegadaian, PLN, RS), Organisasi jasa konstruksi, Camat dan Kepala Desa/Lurah.

Genius Umar mengatakan Sensus Ekonomi ini sangat penting untuk dilaksanakan, sehingga akan mendapat data yang akurat tentang perkembangan ekonomi masyarakat Kota Pariaman di tahun 2016 mendatang. Sosialisasi ini juga sebagai bagian dari upaya untuk terus memberikan informasi dan pemahaman yang luas tentang sensus ekonomi pada 2016. Kota Pariaman saat ini sedang gencar-gencarnya mengembangkan potensi pariwisata. Dengan bertambahnya minat wisatawan ke Kota Pariaman, akan menambah Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Pariaman yang akan menjadi data penting untuk sensus ini. Diharapkan sinergitas antara BPS Kota Pariaman dengan Bappeda Kota Pariaman dalam mengolah data yang ada nantinnya, sehingga betul-betul data yang terkumpul, data yang sesungguhnya yang ada di lapangan dan dapat dipertanggung jawabkan, ujarnya.

“Struktur Ekonomi masyarakat Kota Pariaman harus diperkuat dan ditingkatkan, saat ini dengan adanya dana desa yang besar yang diterima masing-masing desa, maka secara tidak langsung akan berdampak pada struktur ekonomi masyarakat desa akan semakin tinggi. Ditambah dengan UMKM Kota Pariaman yang telah bekerjasama dengan Telkomsel dalam pemasaran produknya, sehingga angka pertumbuhan ekonomi Kota Pariaman kedepan, akan dapat melebihi angka 4,5% yang ditetapkan secara Nasional”, jelasnya.

Kepala BPS Kota Pariaman, Muhammad Hudayah, mengatakan, sosialisasi tersebut merupakan langkah awal untuk melaksanakan sensus tahun 2016 agar tercipta pemahaman yang sama mengenai pentingnya pelaksanaan sensus ekonomi. Sasaran dari sensus ekonomi pada tahun 2016 adalah semua pelaku usaha yang ada di Kota Pariaman. Sensus yang diselenggarakan sekali dalam sepuluh tahun ini, akan memberikan gambaran lengkap tentang tingkatan dan struktur ekonomi serta memperoleh informasi dasar yang mencakup semua sektor ekonomi yang ada di Kota Pariaman, juga mengetahui karakter usaha yang berkembang di masyarakat Pariaman, tukasnya. Pelaksanaan Sensus Ekonomi ini dimulai pada 1 sampai 31 Mei 2016 melibatkan 145 orang tenaga independent.(eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*