Gerindra Kabupaten Limapuluh Kota Diminta Ganti Bacaleg

    Padang-today.com – Desrio Putra Sekretaris DPD Gerindra Sumbar meminta Ketua DPC Gerindra Kabupaten Limapuluh Kota segera ganti bacaleg terindikasi mantan napi.

Advertisements

“Cepat ganti bacaleg atas nama
Zul April di daerah pemilihan (dapil) nomor urut 8 terindikasi mantan napi korupsi,”kata Desrio saat dihubungi.

    Ia menjelaskan, Gerindra menghormati aturan PKPU no 20 Tahun 2018 melarang mantan napi korupsi, napi narkoba, serta napi kasus asusila untuk di masukan dalam daftar bacaleg parpol.

“Bacaleg mantan napi di Kabupaten Limapuluh Kota Akan diganti sesuai dengan dapil dan nomor urutan di partai,”katanya.

Partai Gerindra baru tahu hanya satu nama bacaleg terindikasi mantan napi korupsi.

“Sedangkan bacaleg untuk DPRD Provinsi Sumbar hingga saat tidak ada terindikasi mantan napi korupsi,jika ada partai segera ganti,”tegas Desrio Putra.

    Sementara itu Komisioner KPU Sunbar, Izwaryani menyatakan, nama-nama yang mantan narapidana korupsi tersebut dipastikan tidak akan lolos sebagai calon anggota legislative nantinya.

“Untuk itu, parpol agar segera menggantinya, baik saat perbaikan ini, ataupun setelah DCS nantinya,”katanya.

    Jadi calon tersebut nanti akan langsung Tidak Memenihi Syarat (TMS) sesuai dengan peraturan yang berlaku, sebaiknya porpol segera mengganti bacaleg tersebut.

“Dalam aturan PKPU no 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dijelaskan pelarangan pencalonan bekas napi bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, dan korupsi,”jelas Izwaryani.(der)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*