Gibra-Aisyah Dinobatkan Sebagai Duta Genre Padangpanjang 2021

Padangpanjang, TODAY—Grand Final Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe), Kamis (25/2), di Auditorium Mifan Water Park, menjadi hari yang spesial bagi Gibra Alhamdi dan Aisyah Shinta Balqis. Kedua pelajar itu dinobatkan menjadi juara 1 putra putri Duta GenRe Kota Padangpanjang tahun 2021.

Gibra merupakan perwakilan dari Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Dejavu SMAN 2. Sedangkan Aisyah merupakan perwakilan dari PIK-R The Sunlight Kelurahan Guguak Malintang.

Acara grand awarding ini berlangsung semarak. Dukungan dan sorak-sorai penonton menggema di gedung tersebut. Sebanyak 10 finalis Duta GenRe menunjukan performa terbaiknya.

Setelah dewan juri berembuk, para finalis diseleksi menjadi 5 pasang. Kemudian, calon Duta GenRe diberikan pertanyaan seputar pengetahuannya dalam berbagai hal. Dewan juri tampak cukup kesulitan memutuskan siapa yang akan menjadi juara, karena para peserta menunjukkan kualitas terbaiknya.

Ke depan, Duta GenRe akan mengemban amanah untuk menyosialisasikan program Generasi Berencana yang dilaksanakan Badan Kependudukan dan Keluara Berencana Nasional (BKKBN). Antara lain, mengajak remaja menjauhi narkoba, tidak melakukan sex bebas dan tidak menikah di usia dini.

Turut hadir pada pada kesempatan itu, Walikota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, Wakil Walikota, Drs. Asrul, Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Fatmawati, S.T, M.Eng, Sekdako, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, Ketua TP-PKK, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP, Ketua GOW, Nova Era Yanthy Asrul, asisten, kepala OPD dan undangan lainnya.

Fadly Amran menyambut baik kegiatan pemilihan Duta GenRe ini. Karena tujuannya menjadikan anak-anak muda memiliki daya saing, selain perannya sebagai duta anti Triad KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja-red).

“Pemilihan Duta GenRe harus bisa merepresentasikan nilai-nilai kebaikan. Para Duta GenRe hendaknya menjadi contoh bagi kawan-kawannya di sekolah,” ungkapnya.

Duta GenRe, kata Wako Fadly, diharapkan juga bisa menyebarkan virus-virus kewirausahaan, ketokohan, karena  mereka bisa menjadi influencer muda Kota Padangpanjang. Peran Duta GenRe juga perlu didukung oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Kota Padangpanjang siap untuk one step ahead, melahirkan pemikir-pemikir muda (new mind), jadi tidak ada old mind di Kota Padangpanjang ini. Kita lahirkan pemikiran anak muda yang berkemajuan dengan memahami lintas knowledge khususnya di bidang GenRe ini, “ucapnya.

Sementara Fatmawati menyampaikan, para remaja memerlukan seorang figur sebagai contoh teladan positif. “Inilah peran PIK-R dan Duta GenRe untuk menjadi motivator. Jadikan kegiatan ini bermanfaat dalam menghadapi masa depan,” ungkapnya.

Fatmawati berharap, nantinya akan ada wakil dari Padangpanjang menjadi pemenang di ajang pemilihan Duta GenRe Provinsi Sumatera Barat. “Kalau dapat bisa jadi pemenang pada tingkat nasional nanti,” harapnya. (nfo/ka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*