Google Doodle Merayakan Ulang Tahun Ke-114 Eiji Tsuburaya

ilustrasi

ilustrasi

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Jika Anda membuka mesin pencarian Google hari ini, baik di PC atau mobile, Anda bisa melihat sosok Ultraman menghiasi laman awal Google. Ada apa?

Ternyata, hari ini (07/07), Google Doodle merayakan ulang tahun ke-114 Eiji Tsuburaya, ahli spesial efek film yang sangat terkenal di Era 1950an. Karya-karya Eiji yang mungkin sampai saat ini masih lekat di benak penggemar film adalah Godzilla dan Ultraman.

Lewat doodle-nya, Google menunjukkan pada netizen bagaimana seorang Eiji bisa membuat sebuah film dengan efek hebat di masa lalu. Jika Anda mengklik tombol ‘play’ yang ada di dada Ultraman, maka Anda akan disuguhkan dengan sebuah animasi menarik.

Animasi itu memungkinkan Anda membuat monster layaknya Eiji Tsuburaya. Anda bisa mulai membangun gedung-gedung, membantu aktor memakai kostum monster, menggunakan ekor monster untuk menghancurkan rumah-rumah, hingga mengangkat sosok Ultraman dengan tali untuk mengalahkan alien. Menarik bukan?

Eiji Tsuburaya sendiri mulai dikenal luas setelah efek film yang dipakai pada film Godzilla Original pada tahun 1954 menginspirasi banyak film-film monster di tahun-tahun berikutnya.

Selama 50 tahun berkarir di dunia perfilman, Eiji telah menghasilkan sekitar 250 film, termasuk Godzilla di tahun 1954. Tidak ketinggalan, film seri Ultraman pertama juga dibuat oleh pria berkacamata tersebut.

Dengan semua pencapaiannya itu, tidak salah bila Eiji Tsuburaya yang meninggal tanggal 25 Januari 1970 itu dianggap sebagai Bapak Special Effect Jepang.

(bbo/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*