Google Street View Kini Mampir Ke Indonesia

google-street-view-kini-tampilkan-4-jalanan-kota-di-indonesiaJakarta, PADANGTODAY.com – Google Maps untuk melihat keadaan jalan hingga 360 derajat sudah mampir ke Indonesia, Google yang telah bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif resmi meluncurkan Google Street View yang akan menampilkan pemandangan jalan Ibukota dan 3 kota besar lain di Indonesia, seperti Bogor, Surabaya, dan Denpasar. Layanan ini sudah bisa diakses lewat Google Maps di PC dan smartphone.

Jalinan kerja sama Google dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang telah diteken sejak tahun 2012 silam diharapkan bisa meningkatkan perkembangan sektor pariwisata. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, menyatakan Google Maps (dan Google Street View) bisa digunakan untuk mempromosikan sektor pariwisata yang memang berkontribusi besar bagi perekonomian di Indonesia, Mashable (21/08).

Google Street View bisa dipakai oleh para pelancong domestik dan internasional untuk mempermudah kunjungan wisata di Indonesia, terutama saat hendak merancang agenda perjalanan. Kerja sama ini bisa bermanfaat bagi Google yang tengah meningkatkan ekspansi di Indonesia yang menjadi salah satu pasar terbesar Google di Asia dengan 250 juta jiwa penduduknya.

Tampilan Google Street View yang telah dikembangkan selama dua tahun ternyata juga mencakup daerah wisata bawah laut, tepatnya daerah terumbu karang di laut sekitar Taman Nasional Pulau Komodo. Cakupan dari layanan tersebut masih bisa bertambah saat Google mulai menerima tanggapan atau saran dari pengguna Google Street View.

Perlu diketahui bila tampilan jalanan yang muncul di aplikasi yang terintegrasi dengan Google Maps tersebut bukanlah tampilan ‘real-time’. Gambar-gambar yang muncul merupakan kumpulan gambar yang diambil oleh Google sejak dua tahun lalu. Untuk daerah Jakarta, Google mengambil gambar sekitar tahun 2013 silam.(mr/nol)