Gubernur Buka Pekan Budaya, Ditaksir Dihadiri 20 Ribu Pengunjung 

Pekan Budaya

Pekan Budaya

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Perhelatan Pekan Budaya bertema “Mambangkik Tradisi, Mambangun Nagari” dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Limapuluh Kota ke-175 dibuka Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Senin (11/4), hari ini. Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga mengklaim sejak jauh hari telah mematangkan persiapan, guna menarik minat masyarakat dan pendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Limapuluh Kota, Novian Burano memastikan, persiapan alek nagari Pekan Budaya, hingga Jumat (8/4) siang kemarin sudah mencapai 90 persen. Berbagai agenda kegiatan mulai dari olahraga, pentas seni dan budaya sudah dikemas untuk memperkenalkan segala potensi-potensi wisata daerah.

Novian menaksir acara pekan akbar yang terpusat di area kantor bupati Limapuluh Kota, kawasan Sarilamak, Kecamatan Harau ini akan diikuti lebih dari 20 ribu pengunjung. “Disana nanti kita juga akan memperkenalkan banyak pameran produk lokal asli daerah,” kata Novian, di Sarilamak, Harau, akhir pekan kemarin.

Menurut Novian melalui Kabid Kebudayaan Hjh Negsih, alek Pekan Budaya tahun 2016 ini akan lebih meriah dibanding tahun sebelumnya. Sebab, pagelaran budaya pada tahun ini tidak hanya dipelopori oleh Pemkab tetapi juga melalui kerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi serta BUMN.

Pihak Disparpora mengaku optimis, pekan budaya kali ini bakal menggenjot sektor pariwisata, budaya dan industri daerah. Seluruh instansi pemerintah mulai dari satuan perangkat kerja daerah (SKPD) hingga sekolah-sekolah turut dilibatkan dalam pesta akbar anak nagari ini.

Berbagai pentas seni-budaya asli daerah Limapuluh Kota serta adat Minangkabau bakal ditampilkan. Mulai dari seni tari, randai hingga berbagai atraksi seni lainnya. “Para seniman dan budayawan minang juga turut kita undang. Promosinya sudah kita gencar melalui media cetak, elektronik dan radio,” sebut Nengsih.

Pihaknya berharap, pergelaran seni budaya berlangsung hingga 16 April besok, akan mendatangkan income bagi para pelaku usaha lokal, atas berbagai promosi produk di acara Pekan Budaya. “Sesuai visi-misi Pak Irfendi Arbi Ferizal Ridwan, setiap program pemerintah harus bersangkutan, dengan upaya peningkatan ekonomi masyarakat,” sebut Nengsih.

Wakil Bupati Ferizal Ridwan mengatakan, saat ini pemkab sedang memperbaiki sistem manajemen dan pengelolaan wisata melalui peran aktif para penggiat pariwisata. Dengan berkembang pesatnya sektor pariwisata, transportasi, penginapan, rumah makan dan restoran, kuliner serta kerajinan akan hidup dengan sendirinya.

“Melalui pekan budaya ini kita juga akan melibatkan peran anak nagari, sekaligus untuk menyemarakkan peringatan hari jadi Kabupaten kita. Pembenahan sistem manajemen dan pengelolaan wisata juga dilakukan dengan cara mengerahkan seluruh kemampuan melalui stake holder yang ada,” tutur Ferizal Ridwan.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*