Gubernur Irwan Prayitno Singgah Sahur di Rumah Masrizal Buruh Bangun

 

Advertisements

Padang, PADANGTODAY.com-Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno melakukan singgah sahur di rumah salah seorang warga di Tampat Durian, Kelurahan Korong Gadang, Kuranji, Kota Padang pada Minggu dini hari (5/7).

“Ini merupakan program yang digagas Pemerintah Kota Padang mengunjungi warga yang kurang mampu untuk makan sahur bersama,” kata Irwan.

Pada kegiatan itu, Gubernur Irwan didampingi Wakil Wali Kota Padang Emzalmi serta pejabat sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD), yaitu Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kota Padang Edi Hasymi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Eka Lusti, serta Camat Kuranji Salisma.

Kedatangan Gubernur Sumbar bersama rombongan pada pukul 04.00 WIB tersebut di luar dugaan pemilik rumah, Masrizal.
Ia tidak menyangka orang nomor 1 di Sumbar akan santap sahur di rumahnya.

“Saya kaget, ada yang mengetuk pintu, dikira siapa, rupanya Pak Gubernur,” kata Masrizal yang sehari-hari bekerja sebagai buruh bangunan.
Tiba di rumah Masrizal, Irwan melihat kondisi dalam rumah kayu yang berukuran 7×9 meter terdiri atas dua ruangan dan masih berlantai tanah yang kurang layak huni itu.

Rumah yang berada di pinggir jalan kampung tersebut, berdinding kayu dengan kondisi atap yang rendah serta sudah rapuh.
Setelah itu, Gubernur Irwan bersama rombongan mengajak Masrizal dan keluarga makan sahur bersama dengan menikmati hidangan yang telah disiapkan oleh tim.

“Setelah ini rumah Masrizal akan dibedah, pendanaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang, dan instansi terkait sekitar Rp20 juta,” kata dia.

Ia mengatakan program itu akan dapat mengurangi rumah warga yang tidak layak huni supaya menjadi lebih baik.
Dinas Sosial juga akan membantu pengembangan usaha “rakik maco” yang digeluti istri Masrizal.

Wakil Wali Kota Padang Emzalmi mengatakan program bedah rumah merupakan salah satu kegiatan unggulan di Padang
“Pada 2014 sudah dibedah 600 unit rumah dan tahun 2015 ditargetkan 1.000 unit tersebar pada semua kecamatan di Padang,” kata dia.

Ia mengatakan masih banyak rumah warga miskin yang kurang memenuhi syarat kesehatan dan teknis sehingga kurang layak huni.
Usai sahur, Gubernur Irwan dan Wakil Wali Kota Padang Emzalmi juga menyerahkan bingkisan berupa bantuan uang untuk Lebaran serta sarung, pakaian, dan kue kepada keluarga Masrizal.

Sementara itu, pasangan Masrizal yang sehari-hari bekerja sebagai buruh bangunan dan sang istri Evayanti sebagai pedagang keripik, mengaku terkejut dikunjungi orang nomor 1 di Provinsi Sumatera Barat yang didampingi Wakil Walikota Padang beserta rombongan singgah sahur Pemko Padang, mengingat sebelumnya mereka tidak mendapat pemberitahuan secara lisan maupun tulisan. Pasangan yang telah memiliki 3 anak dimaksud tidak mampu berucap banyak selain melontarkan kata senang dan bahagia, karena ternyata masih ada perhatian pemerintah terhadap warganya yang hidup dalam kondisi susah.

“terkejut, kaget. Tiba-tiba datang Pak Gubernur. Alhadullilah ada bantuan bedah rumah ini. Saya hanya tukang, kadang dapat kerjaan, kadang liburnya panjang. Bagi saya mengumpulkan uang untuk memperbaiki rumah susah, apalagi ada kebutuhan untuk anak juga,” terang pria 39 tahun itu.

Masrizal berharap, tempat tinggalnya akan selesai dibedah sebelum Idul Fitri, sehingga di hari Lebaran, keluarganya dapat merayakan hari kemenangan, tinggal di rumah yang layak, yang sejak lama diimpikan namun tak kunjung terwujud karena keterbatasan pembiayaan.(amin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*