Gubernur Irwan Prayitno: Tim Safari Ramadhan Wadah Silaturrahmi Pemerintah dan Masyarakat

DSC_1251
Tanah Datar, PADANGTODAY.com-Keberadaan Tim Safari Ramadhan Pemprov. Sumbar merupakan sebuah kegiatan silaturrahmi pemerintah dengan masyarakat, dimana pemerintah dapat menerima aspirasi kegiatan pembangunan yang dibutuhkan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Karena tujuan pelaksanaan pembangunan itu sendiri adalah bagaimana pelaksanaan pembangunan itu mampu mendorong dan mendukung kegiatan usaha masyarakat itu sendiri.

Advertisements

Hal ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno ketika memberikan sambutan pada Kunjungan Tim Safari Ramadhan Pemprov. Sumbar ke Masjid Makmur Simabua kabupaten Tanah Datar, Jum’at malam (26/6). Ikut menghadiri Kadis Prasjal Tarkim Ir. Suprapto,MSi, kadis Pertanian Ir. Djoni, Kadis PSDA Ir. Ali Musri, Kabiro Binso Drs. H.Syahril,B, Asisten Pemerintah mewakili Pemkab Tanah Datar.

Gubernur Irwan Prayitno juga menyampaikan, pelaksanaan Tim Safari Ramadhan juga mampu mendekatkan semua pelaksanaan pembangunan di berbagai daerah Kabupaten/Kota se Sumatera Barat. Hari kami mendapat laporan bahwa program BPJS masih ada masyarakat kurang mampu yang belum mendapat kartu pelayanan BPJS, pada hal dari data yang sampai saat ini telah mencapai 77 persen.

Sementara data masyarakat tidak mampu di Sumatera Barat hanya 65 Persen, maka seharusnya semua masyarakat yang tidak mampu telah dapat kartu BPJS. Oleh karena itu kepada kepala Desa, Walinagari, Lurah, RW dan RT agar kembali mendata masyarakat yang tidak mampu dan mengurusi mereka untuk segera mendapatkan kartu pelayanan kesehatan BPJS.

Kita dalam APBD Sumatera Barat telah menganggarkan 40 Persen dari dana kebutuhan BPJS sebesar Rp. 150 Miliar,- dan ditambah lagi 60 persen dari APBD kab/ko se Sumatera Barat. Selain itu masyarakat kurang mampu ini dapat dibantu dalam pelayanan kesehatan dengan mempergunakan dana Baznas ( dana Zakat) baik yang ada di Pemkab/ Ko maupun yang ada di Baznas Provinsi Sumatera Barat, himbaunya

Irwan Prayitno juga menyampaikan, kegiatan pembangunan drenase di Simabua ini akan terus dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan pembangunan di daerah ini. Sementera pembangunan irigasi ke sawah nanti juga akan dibantu oleh Dinas Pertania pemprov. Sumbar, sehingga kegiatan pembangunan pertanian dan lain-lain di kawasan ini dapat lebih baik lagi.

ada 70.000 Ha bantuan irigasi untuk daerah persawahan di Sumatera Barat. Kita berharap semua hasil-hasil pembangunan ini dapat hendaknya dimanfaatkan masyarakat secara baik dan ikut berperan serta merawat dan menjaganya, sehingga hasil-hasil pembangunan ini dapat dinikmati dalam waktu yang cukup lama.

Namun dari semua hasil pembangunan yang dibantu dan dikerjasamakan dengan komponen masyarakat ini, tentunya bukan seratus persen jaminan masyarakat itu hidupnya akan sejahtera. Karena untuk kesejateraan hidup ini tidak terlepas dari keinginan diri pribadi masyarakat itu untuk merobah pola hidupnya yang semula kurang produktif agar lebih bersungguh-sungguh tanpa mengenal lelah untuk berhasil.

Kesejahteraan itu baru dapat dirasakan oleh masyarakat, jika masyarakat itu sendiri yang berbuat dan berusaha dengan baik dan mampu menyukuri kondisi yang ada sebagai rasa iman dan taqwa kepada Allah SWT. ungkapnya.

Gubernur Irwan Prayitni dalam kesempatan itu menyerahkan bantuan Pemprov. Sumbar berupa uang sebesar Rp 20 juta, 25 Al Qur’an, 15 terjemahan, 5 Buku Kotbah, dan bantuan pribadinya sebesar Rp. 10 juta.(admin/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*