Gunung Everest Telah Berpindah Akibat Gempa

Gunung Everest

Gunung Everest

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Gempa Nepal terlihat mata telah meluluhlantakkan daerah sekitar pegunungan Himalaya. Di luar itu, penelitian terbaru mengungkap sebuah fakta mencengangkan, yakni gunung Everest telah berpindah akibat gempa itu.

Gunung Everest yang juga puncak tertinggi pegunungan Himalaya itu dilaporkan bergeser dari posisi awalnya saat gempa 7,8 skala Richter itu melanda April lalu. Menurut lembaga geologi China, gunung Everest telah bergeser sejauh 3 sentimeter ke arah barat daya, sesuai dengan arah dorongan gempa Nepal, Business Insider (16/06).

Padahal, sebelum gempa terjadi gunung Everest terpantau terus bergeser ke arah berlawanan, timur laut, dengan kecepatan 4 sentimeter per tahun. Dari data tercatat gunung Everest sudah bergeser sejauh 40 sentimeter dalam 10 tahun terakhir. Sehingga, bisa dikatakan gunung Everest telah kembali ke posisi yang sama di tahun 2013 lalu.

Hingga saat ini ilmuwan masih terus meneliti akibat jangka panjang gempa itu pada gunung Everest dan pegunungan Himalaya. Hal itu perlu dilakukan demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada penduduk sekitar dan para pendaki.

Itu adalah tindakan yang wajar mengingat gempa Nepal telah menimbulkan longsor salju yang membunuh 18 orang, termasuk beberapa pendaki. Demi keamanan, pemerintah China dan Nepal memutuskan untuk membatalkan semua jadwal pendakian pegunungan Himalaya di tahun ini.

(bbo/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*