Guru SIS Turut Mendapatkan Pelatihan Kurikulum 2013

Foto-Guru-SISSingapura, PADANGTODAY.com – Guru-guru di Sekolah Indonesia Singapura (SIS) turut mendapatkan pelatihan Kurikulum 2013. Sekolah yang beralamat di 20 Siglap Rd Singapura ini dibuka oleh Kepala Sekolah Agus Triyanto, Senin (14/07). Pelatihan berlangsung empat hari, 14–18 Juli.

Pelatihan hari pertama diisi dengan materi penjelasan mengenai latar belakang diberlakukannya Kurikulum 2013 oleh para pemateri. Peserta dibagi dalam tiga kelompok berdasarkan mata pelajaran yang diampu, yaitu kelompok SD, SMP IPA, dan SMP IPS. Sebelum diberikan materi, peserta melakukan pre-test selama 60 menit dengan soal Pre-test disesuaikan dengan mapel yang diampu.

Hari kedua sampai dengan hari keempat, peserta bekerja dalam kelompok. Kelompok-kelompok ini ditentukan masing-masing materi , yaitu: Pendalaman Kurikulum, Pendalaman Buku Guru dan Buku Siswa, Pembahasan video pembelajaran, penyusunan RPP, penelaahan RPP sampai mengerjakan berbagai tugas-tugas Individu/Kelompok. Di antara kerja kelompok ini, terdapat satu sesi dalam disajikan secara umum untuk semua kelompok, yaitu pemaparan mengenai contoh penerapan Kurikukum 2013 di Sekolah Bogor Raya.

Di hari terakhir, Kegiatan diisi kegiatan Post-test. Perolehan Post-test secara umum mengalami peningkatan dibandingkan perolehan pre-test. Dan di saat ini pula diisi dengan kegiatan praktek mengajar di kelas untuk setiap kelompok. Setiap kelompok diwakili oleh satu orang guru. (md/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*