Gusman Piliang: Tabuh Matsama di Madrasah-Madrasah Limapuluh Kota

Gusman Piliang Tabuh Matsama di Madrasah-Madrasah Limapuluh Kota

Gusman Piliang Tabuh Matsama di Madrasah-Madrasah Limapuluh Kota

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Kementerian Agama secara nasional telah menggagas program baru sebagai pengganti Masa Orentasi Siswa (MOS) dengan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama).  Perubahan ini diharapkan tidak hanya sebatas perubahan nomenklatur saja, jauh dari itu perubahan MOS menjadi Matsama meliputi aspek filosofis yang subtansial.

Kakan Kemenag Limapuluh Kota Gusman Piliang, di saat membuka secara resmi kegiatan Matsama Kabupaten Limapuluh Kota yang dipusatkan di MTsN Situjuh Batur, Senin (18/7/2016).

”Saya berharap perubahan MOS menjadi Matsama tidak hanya sebatas perubahan “merk” saja, kita harus merubah cara pandang terhadap kegiatan pengenalan peserta didik baru dengan lingkungan madrasah. Kegiatan Matsama harus jauh dari tindakan yang tidak mendidik, harus bebas dari kegiatan yang berbau kekerasan, tidak ada ruangan perpeloncoan selama kegiatan Matsama di madrasah, ujar Gusman.

Seluruh Kepala Madrasah dan kepanitian Matsama di masing-masing madrasah, diinstruksikan agar mempedomani, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Inonesia Nomor 18 Tahun 2016 yang sudah membuat granddesign pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPBB). Begitu juga dengan Keputusan Dirjen Pendis nomor 962 tahun 2016 yang sudah merinci jenis-jenis kegiatan yang diperbolehkan selama Matsama.

Matsama harus diarahkan kepada tumbuh dan kembangnya prilaku peserta didik baru yang memiliki disiplin, sikap jujur, mandiri, toleransi dan karakter moral lainya dalam bingkai persatuan dan kesatuan. Gusman Piliang berharap agar seluruh elemen memperhatikan larangan-larangan yang secara tegas telah diatur Pemerintah.Madrasah Lebih Baik.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*