H. Cai Yohanes Dipinang Jadi Wakil Walikota Payakumbuh

H. Rio Mainelda Cai mengembalikan formulir ke DPD PAN, Minggu (29/5).

H. Rio Mainelda Cai mengembalikan formulir ke DPD PAN, Minggu (29/5).

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Ir. H. Rio Mainelda Cai diminta pulang kampung oleh ribuan warga, utamanya masyarakat kelurahan Bodi Air Tabit Balai Jaring, Padang Alai, Payobadar Sicincin, khususnya se-Kecamatan Payakumbuh Timur dan Payakumbuh Selatan. Hal ini terkait banyaknya keinginan warga agar perantau sukses ini maju menjadi Wakil Walikota Payakumbuh 5 tahun mendatang.

Hal ini diamini secara serius oleh H. Cai Yohanes, nama akrap H. Rio Mainelda Cai itu menjadi Wakil Walikota Payakumbuh periode 2017-2022. Keseriusan tersebut dibuktikannya dengan mendaftar ke DPC PPP beberapa hari lalu, kemudian mengembalikan formulir ke DPD PAN, Minggu (29/5). H. Cai diterima panitia tim penjaringan Pilkada DPD PAN Gusti Putra, Despen Alweri, Anas Asri dan Syafruddin.

Dalam proses pengembalian formulir ke DPD PAN, H. Cai diantar tokoh masyarakat Air Tabit di ataranya Bakri, Gatot, Andi, Dt. Ry Nan Panjang, Nasril Suri (mantan anggota DPRD dari PPP), Eri, Mardius, Yuridis, Taufik, Dafril Syam, Fikri dan Efa, serta sejumlah warga lain yang merupakan utusan masing-masing kecamatan.

Ketua tim penjaringan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DPD PAN Gusti Putra, dalam kesempatan itu, mengatakan, diterimanya bakal calon (Balon) Wakil Walikota Payakumbuh H. Cai bukan berarti DPD PAN membuka pendaftaran lagi. Namun terangnya, kedatangan H. Cai ke DPD PAN melengkapi formulir yang pernah diambilnya pada bulan lalu.

“Perlu kami jelaskan, untuk mengambil formulir pendaftaran sah-sah saja diambil oleh tim atau sanak saudaranya, tetapi untuk pengembaliannya harus yang bersangkutan. Pada kesempatan inilah H. Cai baru sempat datang ke DPD PAN dalam rangka kelengkapan admistrasi pendaftaran balon Wakil Walikota,” terang Gusti Putra.

Dengan telah dikembalikannya formulir oleh H. Cai Yohenes, maka tercatatlah sebanyak 26 balon Walikota dan Wakil Walikota di DPD PAN.

“Jumlah balon di DPD PAN ini memang terbilang membeludak. Dalam waktu dekat, kami akan mengirim seluruh nama-nama tersebut ke DPP untuk ditetapkan sebagai calon yang akan berkoalisi dengan partai politik lainnya,” jelas Gusti Putra.

Sementara, H. Cai Yohanes menyebutkan, maju sebagai balon Wakil Walikota Payakumbuh tentunya menyikapi aspirasi dan permintaan masyarakat.

“Berbicara terhadap visi-misi akan kita samakan nantinya dengan balon Walikota dan parpol yang mengusung. Yang jelas kita sudah menyiapkannya, tinggal bagaimana mengsingkonkannya antara program balon Walikota yang akan berpasangan nantinya,” terang H. Cai.

Ditambahkan alumni SMPP 25 Payakumbuh (SMAN 2 sekarang, red) tahun 1982 itu, tergerak maju sebagai balon Wakil Walikota, jelas akan memberi perubahan baru kearah yang lebih baik lagi.

“Mudah-mudahan parpol yang telah kita daftarkan itu dapat mengusung kita untuk bertarung dalam kancah Plkada Februari 2017 mendatang,” tambahnya.

Direktur Utama PT. Cumayo Anugerah Ilahi, Komisaris PT. Agung Perkasa Ekspessindo dan Direktur CV. Riode Riau Madani itu juga menyampaikan akan membenahi tanah kelahirannya dengan baik, utamanya di bidang perumahan, pendidikan, kesehatan, Imtaq, dan perekonomian.

“Khususnya bidang Imtaq, saya prihatin sekali, dana kepada garin masjid, honor guru ngaji tidak dianggarkan lagi oleh Pemko Payakumbuh, akibatnya anak-anak berusia 5-10 tahun kehilangan guru mengaji dan nyaris banyak anak-anak bangsa di Payakumbuh belum hafal Alquran. Semua itu disebabkan minimnya guru mengaji. Mudah-mudahan saya dipercaya menjadi Wakil Walikota nantinya. Inilah yang harus saya prioritaskan,” tutup H. Cai Yohanes.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*