H. Mukhlis R: Kita Perlu Peduli Dengan Sektor Pertanian Agar Tidak Punah

Pariaman, PADANGTODAY.com-Sektor pertanian adalah salah satu peran penting dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia. Begitu juga di Kota Pariaman. Tetapi untuk saat ini sudah banyak lahan-lahan pertanian yang tergusur oleh pembangunan perumahan tentu akan berdampak buruk untuk pengembangannya.

“Kita perlu peduli dengan sektor tersebut. Sehingga kedepannya tidak punah di Kota Pariaman,” kata Walikota Pariaman H Mukhlis R saat mengukuhan Pengurus Jariangan Komunitas Masyarakat Peduli Perikanan Pertanian dan Pertenakan (JKPM-4) Kota Pariaman priode 2015- 2020 di aula Makodim 0308 Pariaman, kemarin.

Katanya, Dilihiat dari pertumbuhan penduduk Indonesia yang sangat cepat, sedangkan penyediaan pangan sangat kurang untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia, dan untuk menutupi kebutuhan pangan negara masih membeli beras dari negara lain.

“Untuk saat ini banyak teknologi pertanian organik yang bisa dipelajari untuk meningkatkan hasil pertanian, apabila teknologi ini di pergunakan oleh seluruh petani maka Indonesia tidak akan lagi membeli beras dari Negara lain,” ujarnya.

Sementara itu Dandim 0308 Pariaman Letkol Inf Persada Alam menyampaikan, ia bersama anggotanya telah membuka demplot pertanian organik di Cubadak Mentawai Pariaman.

“Demplot yang kita buat sebagai lahan percontohan di harapkan kepada anggota untuk dapat menerapkan di daerah- daerah angota kami tinggal dan dapat memberikan pembinaan terhadap petani. Jika kita memiliki semangat yang tinggi menjalankan pertanian organik maka saya optimis selama 3 tahun swasembada di Indonesia bisa tercapai,” katanya.

Target ini katanya, penting didukung untuk keberlangsungan generasi mendatang. Apalagi diperkirakan tahun 2045 mendatang saat usia 100 tahun negeri ini, energi minyak bumi habis dan hanya bisa diganti dengan energi bio yang berasal dari tanaman.

“Kita perlu mensiasati dan mengupayakan perubahan dan menjamin ketersediaan sumber energi, air dan pangan dengan bio energi berbasis lingkungan yang sehat dan ramah dalam meramu formula agar kua­litas hasil pertanian. Dengan demikian kita bisa bersaing dengan kualitas yang dihasilkan oleh negara-negara lain karena kita terletak di daerah khatulistiwa dengan lingkungan yang subur,“ tambahnya mengakhiri. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*