H Wilman Singkuan jadi Saksi Pernikahan Yanti-Dasman

H. Wilman Singkuan jadi saksi pernikahan Yanti dan  Dasman-

H. Wilman Singkuan jadi saksi pernikahan Yanti dan Dasman-

Advertisements
H. Wilman Singkuan jadi saksi pernikahan Yanti dan  Dasman-

H. Wilman Singkuan jadi saksi pernikahan Yanti dan Dasman-

Payaklumbuh, PADANGTODAY.com-Wakil ketua DPRD Kota Payakumbuh, H. Wilman Singkuan Dt. Parpatiah, jadi saksi pernikahan Yanti.SE-Dasman. Pernikahan dilangsungkan adiknya Rudi Eka Putra dihadapan kepala KUA Kecamatan Payakumbuh Barat, Endra Rinaldi.S.Ag, bertempat di mesjid Istiqamah, kelurahan Bulakan Balai Kandi, kecamatan Payakumbuh Barat, Jum’at (17/4).

Prosesi pernikahan Yanti-Dasman oleh adik kandungnya Rudi itu, karena kedua orang tuanya Amri Ong dan Husna telah tiada beberapa tahun silam. Kemudian pesta perkawinan keponakan S.Dt. Majobosa nan Bajayo (suku Pitopang) itu, akan berlangsung hari ini, Senin (20/4) bertempat di kediamannya, kelurahan Bulakan Balai Kandi, kecamatan Payakumbuh Barat

Usai pernikahan, Wilman Singkuan, dalam sambutannya, mengatakan, pernikahan Yanti, yang sehari-hari bekerja sebagai PNS pada kantor dinas Pekerjaan Umum Kota Payakumbuh, merupakan fitrah manusia agar seorang muslim dapat memikul amanat tanggung jawabnya yang paling besar dalam dirinya terhadap orang yang paling berhak mendapat pendidikan dan pemeliharaan.

Pernikahan memiliki manfaat yang paling besar terhadap kepentingan-kepentingan sosial lainnya. Kepentingan sosial itu adalah memelihara kelangsungan jenis manusia, memelihara keturunan, menjaga keselamatan masyarakat dari segala macam penyakit yang dapat membahayakan kehidupan manusia serta menjaga ketenteraman jiwa.

Pernikahan memiliki tujuan yang sangat mulia yaitu membentuk suatu keluarga yang bahagia, kekal abadi berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Hal ini sesuai dengan rumusan yang terkandung dalam Undang-Undang Nomor 1 tahun 1974 pasal 1, “Perkawinan merupakan ikatan lahir dan batin antara seorang wanita dengan seorang pria sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia”

Sesuai dengan rumusan itu, pernikahan kakak sepupu Wulan Denura (anggota DPRD Payakumbuh) ini, tidak cukup dengan ikatan lahir atau batin semata, tetapi harus kedua-duanya. Dengan adanya ikatan lahir dan batin inilah perkawinan merupakan satu perbuatan hukum di samping perbuatan keagamaan.

Sebagai perbuatan hukum, karena perbuatan itu menimbulkan akibat-akibat hukum, baik berupa hak atau kewajiban bagi keduanya. Sedangkan sebagai akibat perbuatan keagamaan karena dalam pelaksanaannya selalu dikaitkan dengan ajaran-ajaran dari masing-masing agama dan kepercayaan yang sejak dahulu sudah memberi aturan-aturan bagaimana perkawinan itu harus dilaksanakan.

“Untuk itu, atas nama keluraga besar DPRD Kota Payakumbuh dan atas nama pribadi, kami mengucapkan selamat kepada pasangan Yanti-Dasman, semoga menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warohmah,”ujar bakal calon Bupati kabupaten Limapuluh Kota itu.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*