Hadapi HPSN 2018 : Wujudkan Daerah Bebas Sampah, Pemerintah Targetkan Satu Nagari Satu Bank Sampah

Fhoto : Forkopinda Kabupaten Tanah Datar fhoto bersama dengan pasukan kuning dalam rangka memperingati HPSN 2018, jumat (23/02).(ddy)

Advertisements

Tanah Datar, www.padang-today.com,- Untuk mewujudkan Kabupaten Tanah Datar yang bebas sampah, diharapkan partisipasi masyarakat dalam rangka meningkatkan kebersihan dan kepedulian terhadap lingkungan baik di Kota Batusangkar maupun nagari-nagari.

“Sebagai tekat kita bersama wujudkan Luhak Nan Tuo Bersih dari sampah hari ini, komitmen menuju Tanah Datar bebas sampah tahun 2020 pemerintah akan menindaklanjuti kebijakan “Satu Nagari Satu Bank Sampah,” Ujar Wakil Bupati Zuldafri Darma saat pimpin apel bersama dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2018, Jum’at (23/02) di Lapangan Cindua Mato Batusangkar.

Katanya, untuk mencapai hidup sehat tentu sudah menjadi dambaan setiap orang, namun jika lingkungan tidak bersih, sudah barang tentu hal tersebut mustahil terwujud. “Jadi untuk itu ada empat pilar yang harus menjadi pedoman, “bersih itu sehat, bersih itu indah, bersih itu damai dan bersih itu inspiratif,” katanya.

Ia menambahkan peringatan HPSN ini jangan hanya selogan atau seremonial saja, namun harus adanya aksi sehingga kepedulian terhadap sampah dan menjaga lingkungan tetap bersih itu nyata dan hidup sehat itu dapat diwujudkan.

Sebut Zuldafri Darma, sesuai deklarasi yang telah dimulai oleh pemerintah dengan gerakan “Sayangi Bumi, Bersihkan Dari Sampah” dan melalui kegiatan Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) yang sudah dilaksanakan pada tanggal  21 Januari lalu hingga 21 April mendatang segera seluruh stockholder mengupayakan dengan tindakan nyata peduli sampah dan peduli lingkungan.

“Dalam rangka mensukseskan HPSN ini, kita telah melakukan aksi bersih bersama masyarakat dibeberapa titik  seperti di Nagari Salimpaung, kawasan Danau Singkarak, di sekolah-sekolah dalam kawasan kota Batusangkar, sosialisasi pembentukan bank sampah di setiap nagari harus segera dilaksanakan,” tutur Wabup.

Ditempat terpisah Kadis Perkim LH, Dessy Trikorina sebutkan, saat ini usai apel bersama pihaknya juga melakukan aksi bersih-bersih pada fasilitas umum, seperti jalan, pasar, terminal, dan lapangan cindua mato.

Di samping kegiatan tersebut agenda juga akan diadakan aksi bersih sampah pada kawasan objek wisata Lembah Anai, Tanjung Mutiara dan Istano Basa Pagaruyung. Aksi bersih sungai, bersih gunung, tekpat ibadah, bhakti Mahasiswa IAIN Peduli Sampah, aksi Anak Sholeh peduli sampah, bazar produk daur ulang dan kegiatan lainnya, sebut Dessy.

“Kami mengajak semua elemen masyarakat untuk menerapkan misi hari HPSN 2018 ini, mari kita wujudkan Kabupaten Tanah Datar bersih dan bebas sampah,” pungkasnya.

Turut hadir pada apel bersama dan aksi pungut sampah tersebut, Sekretaris Daerah Hardiman, Forkopimda, Ketua TP-PKK Ny. Emi Irdinansyah, Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, Mahasiswa dan Pelajar di Kota Batusangkar. (ddy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*