Hadapi Porwil, Sumbar Anggarkan Rp10 Miliar

Atletik Putri Sumbar PON Remaja di Surabay.

Atletik Putri Sumbar PON.

Advertisements

PADANG,PADANGTODAY.COM- Komite Olahraga Nasional Indonesi (KONI) Sumatera Barat menganggarkan Rp10 miliar untuk mengikuti Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) sumatera yang akan berlangsung di Bangka Belitung (Babel) November 2015.

“Anggaran tersebut meliputi persiapan dari awal pemberangkatan sampai kepulangan kontingen dari Babel,” kata Sekretaris Umum KONI Sumbar, Indra Jaya di Padang, Selasa.

Ia menjelaskan, anggaran tersebut juga dialokasikan untuk persiapan atlet dari 10 cabang olahraga yang akan mengikuti pesta olahraga wilayah empat tahunan tersebut.

Selain itu, katanya, biaya itu juga untuk pembelian perlengkapan pertandingan, seragam kontingen dan biaya akomodasi selama mengikuti Porwil Babel.

Lebih lanjut ia menilai, dalam mengikuti Porwil tersebut, biaya yang dikeluarkan cukup tinggi dibandingkan mengikuti ajang yang sama di Batam pada 2011.

“Biaya pemberangkatan cukup tinggi, kami akan melakukan dua kali penerbangan dari Padang,” katanya.

Ia juga menambahkan, enam hari sebelum pemberangkatan, seluruh kontingen juga akan menjalani Pemusatan dan Latihan  Daerah (Pelatda) terpadu.

“Seluruh kegiatan tersebut juga dianggarkan dari besar biaya itu,” katanya.

Pelatda terpadu itu lanjutnya, akan langsung dibawah pengawasan KONI Sumbar bersama pelatih dan ofisial masing-masing cabang olahraga itu.

Menyinggung tentang jumlah atlet yang akan dibawa untuk mengikuti Porwil tersebut, Wakil Ketua Umum KONI Sumbar Bidang Pembinaan dan Prestasi, Handrianto menyebutkan berjumlah lebih kurang 207 atlet.

“Itu belum termasuk pelatih dan ofisial tim,” katanya.

Ia menambahkan, mengikuti ajang tersebut kontingen Ranah Minang menargetkan posisi tiga besar dari 10 daerah yang mengikuti event tersebut.

Pada Porwil Babel, cabang olahraga yang dipertandingkan yakni, atletik, sepak bola, bilyar, panjat tebing, bulu tangkis, catur, bola basket, renang, sepak takraw dan pencak silat.(can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*