Haji – Khusus Haji Ada 129 Penerbangan Di BIM

   Padang-today.com – Bandara Internasional Minangkabau (BIM),Ketaping Kabupaten Padangpariaman, Sumbar siap melayani penerbangan jamaah calon haji menuju tanah suci menunaikan ibadah haji.

Advertisements

“Secara prinsip menyatakan siap melayani penerbangan JCH Embarkasi Padang menuju tanah suci Mekkah,”kata
Ass Manager Terminal Airside Angkasa pura II BIM, Sarno di Padang.

   Ia menjelaskan, Angkasapura II sudah melakukan rapat koordinasi dengan maskapai penerbangan serta pihak terkait soal pemberangkatan JCH Embarkasi Padang dari BIM menuju tanah suci.

“Kita sudah melakukan pertemuan dengan stake holder terkait untuk membicarakan maslaah teknis sampai non teknis pelaksanaan dalam pemberangkatan JCH dari BIM menuju tanah suci. Pada prinsipnya pelaksanaan haji tahun 2018 sama dengan tahun 2017,”ujarnya.

Selama pelaksanaan haji lanjutnya Embarkasi Padang ada 16 kloter dengan menggunakan pesawat 777 A300 ditambah 5 kloter Embarkasi antara Bengkulu berangkat dari BIM.

Disamping juga melayani transit dari Solo sebanyak 95 kloter, dengan pesawat Garuda seri A330, Balik Papan 13 kloter dengan pesawat B747.

Penerbangan dari BIM menuju tanah suci untuk Embarkasi Padang akan dimulai 17 Juli 2018 dengan menggunakan pesawat B 777 dengan kapasitas 395 penumpang,”jelas Sarno.

    Sarno menambahkan, dari Solo dan Balik Papan transit untuk pengisian bahan bakar di BIM.

“Proses pengisian bahan bakar tersebut memakan waktu sekitar satu sampai dua jam karena itu pihaknya mengatur dengan detil slot penerbangan agar semua dapat terlayani,”imbuhnya.

   Ia menyatakan, penerbangan haji tidak akan mengganggu jadwal reguler  di BIM, karena proses boarding jamaah dan pemeriksaan dokumen sudah di lakukan sejak di Asrama Haji Tabing sehingga tidak menggunakan terminal.

“Semua proses dokumen dan barang sudah di mulai dari Asrama Tabing Padang,”katanya.

    Sementara itu Irwan Plh Kakanwil Kemenag Sumbar menyatakan, Tahun ini JCH Embarkasi Padang berjumlah 6.269 orang berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah.

      Embarkasi Padang ini terbagai dalam dua gelombang keberangkatan dengan 16 kelompok terbang dimana Sumbar sebanyak 12 kloter, sedangkan Bengkulu 4 kloter.

“Gelombang pertama berangkat mulai 17 hingga 29 Juli 2018 dan mendarat di Bandara Prince Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah. Adapun Gelombang II dengan pendaratan di Bandara King Abdulaziz  Jeddah, berlangsung 30 Juli sampai 3 Agustus 2018,”ungkapanya.

     Ia menambahkan, untuk kloter pertama asal Kota Padang berangkat pada 17 Juli 2018.

“Soal visa untuk jch asal Padang tidak masalah. Kloter pertama sudah siap untuk diberangkatan,”imbuhnya.(der)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*