HAKIM DAN PEGAWAI PN PADANG JALANI TES URINE

Advertisements

Padang-today.com – Puluhan hakim beserta  pegawai dan tenaga honorer dilingkungan Pengadilan Negeri Padang,Sumatera Barat menjalani tes urine.

Hakim dan pegawai dilingkungan Pengadilan negari Padang setelah menandatangi pakta integritas di salah satu ruang sidang secara mendadak diminta untuk tes urine. Tes urine dilakukan sekitar pukul 09.00 WIB.

Ia menjelaskan, langkah ini dilakukan untuk membersihkan lingkungan pengadilan Negeri Padang dari pengaruh narkoba serta zat adiktif lainnya.

“Ini merupakan program Mahkamah Agung (MA) agar peradilan bersih dari narkoba,”kata Humas Pengadilan Negeri Padang, Ari Muladi saat dihubungi.

Ia menjelaskan,dalam tes urine itu, PN Padang menggandeng Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar. Sebelum dites urine, satu persatu hakim serta pegawai diminta untuk mengeluarkan air seninya yang ditaruh ke dalam kotak kecil.

“Tes urine ini kami lakukan mendadak tanpa memberi pemberitahuan,”ungkapnya.

Pemeriksaan tes urine ini sengaja dilakukan. Alasannya, banyak hakim yang menangani perkara narkoba. Sehingga, pemeriksaan bebas dari jeratan narkoba ini dinilai penting dalam rangka fungsi pengawasan pegawai dan hakim, agar tidak terjerat kasus yang sama.

“Tes urine ini langkah awal, kami tidak boleh lengah. Kami akan tetap memantau terus,”jelas Ari.

Ia menyatakan, hasil dari tes urine ini belum diketahui. BNN Provinsi Sumbar masih akan melakukan pengujian. Selanjutnya mereka akan memberikan laporan ke Ketua PN Padang.

“Jika nanti ada pegawai yang terbukti positif narkoba, akan kita laporkan ke atasan lalu ke Mahkamah Agung. Kita juga lihat dulu apakah yang bersangkutan dapat direhabilitasi. Kalau bisa, kita rehabilitasi. Tapi kalau dia terlibat jaringan akan diserahkan ke penyidik. Yang pasti setiap perbuatan ada sanksinya,”tegasnya.

Sebagai lembaga pelayanan publik harus menunjukkan dan memberikan pembelajaran kepada masyarakat bahwa lembaga peradilan di PN Padang wajib terbebas, dan bersih dari narkoba
Melalui pelayanan yang terbebas narkoba lanjut Ari, diharapkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga peradilan semakin meningkat.

 

Sementara itu Davip salah seorang pengunjung Pengadilan Negeri Padang menyatakan, saat itu mendatangi pengadilan negeri Padang untuk ada keperluan.

“Saat berada di Pengadilan negeri Padang mendadak mau ke kamar mandi untuk buang air kecil, namun ada salah seorang pegawai PN Padang juga tergesa masuk ke kamar mandi,”katanya.

Pegawai PN tersebut saat masuk ke kamar mandi ada membawa gelas kecil. “Tapi tidak tahu mau apa di kamar mandi, Saya ketika sudah kamar mandi terkejut ada petugas BNNP ternyata ada tes urine,”imbuh Davip.

Tempat terpisah, Ema Lia staf BNNP Sumbar membenarkan ada tes urine dilakukan BNNP di Pengadilan Negeri Padang.

“Ada beberapa orang petugas yang datang dalam melakukan tes urine di Pengadilan Negeri Padang,”katanya.

Ia menjelaskan, ini tes urine yang kedua kali dilakukan BNNP kerjasama dengan Pengadilan Ngeri Padang, sebelumnya tes urine dilakukan bulan lalu.

Bula lalu ada beberapa Hakim, pegawai, dilingkungan PengadilanNgeri Padang tidak banyak masuk, karena berbagai alasan,Hasilnya sudah diserahkan pada Ketua Pengadilan Negeri Padang,”ungkapnya.

Tes kedua dilakukan BNNP Sumbar ada sekitar puluhan yang di tes urinenya oleh petugas BNNP di pengadilan. “Untuk hasilnya diserahkan ke Pengadilan Negeri Padang,”jelas Ema.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*