Hardiknas 2015, Prestasi Tanggung Jawab Masyarakat

Wako Riza Falepi Serahkan beasiswa Ke  76 siswa berprestasi usai upacara bendera hari pendidikan nasonal

Wako Riza Falepi Serahkan beasiswa Ke 76 siswa berprestasi usai upacara bendera hari pendidikan nasonal

Advertisements

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Walikota Payakumbuh Riza Falepi mengingatkan, peningkatan mutu pendidikan bukan tanggung jawab jajaran Dinas Pendidikan. Peranan orang tua dan masyarakat juga sangat menentukan. Walikota menginginkan, cacatat prestasi yang diukir sekolah sepanjang beberapa tahun terakhir, diharapkan terus berlanjut dengan lomcatan yang cukup tinggi.

Demikian disampaikan Walikota Riza Falepi, menjawab pertanyaan wartawan koran ini, usai peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei, di lapangan sepakbola Bukit Sitabur SMAN 2 Payakumbuh, Senin (4/5). Dalam upacara tersebut Walikota Riza membacakan amanat tertulis Mendikbud RI, Anies Baswedan.

Upacara berlangsung kidmat, tertib dan lancar. Diikuti ratusan pelajar dan guru SD/SLTP/SLTA/mahasiswa, anggota Muspida, pimpinan SKPD, dan sejumlah undangan lainnya. Peringatan Hardiknas tahun ini mengambil thema Pendidikan Sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila.

Dalam sambutannya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan, secara konstitusional, mendidik adalah tanggung jawab negara namun secara moral mendidik moral mendidik adalah tanggung jawab setiap orang terdidik, ujarnya

Oleh karena itu diharapkan mengembangkan kualitas manusia Indonesia harus dikerjakan sebagai sebuah gerakan bersama. Semua harus ikut peduli, bahu membahu, saling sokong dan topang untuk memajukan kualitas manusia Indonesia lewat pendidikan.

Terkait dengan itu, menurut Walikota Riza Falepi, pemko terus mendorong terciptanya prestasi pendidikan dalam berbagai hal. Harapannya, ke depan makin banyak pelajar Payakumbuh diterima pada perguruan tinggi nasional dan kian meningkat pelajar yang mampu mengukir prestasi pada olimpiade sain internasional.

Usai Upacara pokok Walikota Riza Falepi bersama Muspida langsung menyerahkan sejumlah trofi, piagam penghargaan dan medali secara simbolis kepada guru dan siswa. Selain itu juga diserahkan bea siswa kepada 76 orang anak dan satu seorang guru berprestasi. Beasiswa total Rp30 juta berasal dari Toko Bunda yang pedulidengan pendidikan anak nagari.

Prestasi-prestasi yang diperoleh dibidang pendidikan tersebut diantaranya adalah rangking 2 Pengelolaan Pendidikan tingkat Propinsi Sumbar, Juara Umum Peparpelda (Pekan Pra Olimpic Pelajar Daerah) Tingkat Sumbar dengan perolehan 13 medali emas, 9 perak, 1 perunggu, Juara 2 O2SN dan FL2SN tingkat Sumbar dengan perolehan medali 5 emas, 4 perak dan 3 perunggu.-

Selain itu tiga Siswa SLTP Kota Payakumbuh lolos Olimpiade Sain Nasional masing-masing Verinda Setiana bidang IPS dari SMP Fidelis, Ihsanul Muslim bidang IPA dari SMP Raudatul Janah dan Sindi Bestari bidang Fisika dari SMA N 2 Payakumbuh. Dan Uswatun Hasanah Yude, mewakili Sumbar untuk pelatihan Leadership di Amerika Serikat.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*