Hari Ketiga Usai, Malam Puncak Bagodang 2016 Siap Dihelat

Hari ketiga Bagodang 2016 diisi degan lomba tari kreasi yang dibawakan oleh siswa-siswi SMP s-Kota Payakumbuh.

Hari ketiga Bagodang 2016 diisi degan lomba tari kreasi yang dibawakan oleh siswa-siswi SMP s-Kota Payakumbuh.

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Memasuki malam puncak dan penutupan Payakumbuh Baralek Godang (Bagodang) 2016, beragam pagelaran seni budaya daerah telah dilaksanakan secara semarak. Malam puncak ini akan dihelat pada Sabtu (22/10) di lokasi Bagodang 2016 di Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah, Payakumbuh.

Usai hari pertama yang dibuka oleh Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, Rabu (19/10), Bagodang 2016 diisi oleh berbagai perlombaan mulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMA, hingga umum se-Sumatera Barat. Perlombaan yang digelar di antaranya Lomba Busana Daerah tingkat TK dan SD se-Kota Payakumbuh, Lomba Pidato Adat tingkat SMP se-Kota Payakumbuh, Paket Pagelaran Seni, Tari dan Musik tradisional dan kreasi, serta beragam pertunjukan lainnya.

Di hari ketiga, Jumat (21/10), Bagodang 2016 dimeriahkan dengan Lomba Tari Kreasi tingkat SMP di Panggung Utama yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Salah satu penampilan yang diperagakan adalah Tari Kreasi Jalang ka Gadang yang dibawakan oleh siswa-siswi MTsN Payakumbuh. Dalam narasinya, tari kreasi tersebut menceritakan tentang kecemasan para orang tua pada anak-anaknya yang mulai beranjak remaja. Oleh akan balighnya mereka, anak-anak dari para ibu harus menjalankan salah satu syariat Islam bagi laki-laki yakni berkhitan.

Beragam tari kreasi lainnya secara bergilir turut dibawakan oleh sekolah lain se-Kota Payakumbuh yang mengikuti cabang perlombaan tersebut.

Direncanakan pada hari ini, Sabtu (22/10) akan dihelat puncak Payakumbuh Bagodang 2016. Rangkaian helat puncak ini akan dimulai dengan Lomba Rancang Busana Muslimah Tenun pada pukul 09.00 WIB. Serentak pada panggung utama, akan diadakan pula Lomba Cipta Lagu Payakumbuh tingkat umum. Pada pukul 14.00 WIB, masyarakat Payakumbuh akan diadakan penilaian Lomba Souvenir yang dilaksanakan di Pondok Promosi. Selanjutnya, akan diadakan Penutupan Bagodang/Payakumbuh Fair 2016 yang dimulai pada pukul 20.00 WIB.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*