Hari Raya Idul Adha Wahidin “Semoga Tahun Depan Tidak Ada Lagi Penyemblihan Pada Sapi Betina”

Padang Panjang, Padang-Today.com – Semarak Idul Adha masih dirasakan oleh masyarakat Kota Padang Panjang, buktinya sampai saat ini masih ada yang melakukan Qur’ban. Seperti biasa sebelum sapi, kambing atau hewan qurban lainnya diqurbankan, para petugas Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang memeriksa semua kondisi dari hewan tersebut.Kepala Bidang Kesehatan Hewan drh.Wahidin Beruh saat memeriksa Daging sapi setelah disemblih, Kamis (23/8) di Masjid Assyfa mengatakan, ya benar sekali Dinas Pangan dan Pertanian sudah menyiapkan sebanyak 32 orang petugas untuk memeriksa hal tersebut.

Advertisements

“Kami selaku petugas sudah melaksanakan tugas seperti biasanya, cuma ada rintangan yang tak bisa kami elakkan, dimana para toke atau pembeli sapi tersebut yang harusnya sapi sudah kami periksa 3 minggu sebelum di qurbankan, kebanyakan datang satu hari sebelum dan pas hari lebaran Idul Adha, itu yang membuat kami agak sulit untuk memastikan hewan tersebut sehat,” jelas Wahidin.

Selain itu Wahidin juga berbicara mengenai sapi betina yang ikut diqurbankan, sebenarnya pihak petugas sudah mensosialisasikan bahwasanya sapi yang wajib diqurbankan itu adalah sapi jantan jangan yang betina.

“Jauh hari kami sudah melaksanakan sosialisasi kepada semua pihak baik toke atau pembeli kalau membeli sapi jangan sampai ada yang betina karena dapat menghambat upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat tanpa impor, dan mengurangi populasi sapi,” ujar Wahidin.

Sebenarnya dalam syariat Islam tidak melarang tegas terhadap penyembelihan sapi betina untuk qurban. Sedangkan ibadah qurban dilaksanakan oleh umat Islam berdasarkan tuntunan syariat.

Sebagian masyarakat bisa saja lebih memilih menggunakan dalih agama yang memperbolehkan berqurban dengan sapi betina.

“Kami harap masyarakat terutama masyarakat Kota Padang Panjang tidak melakukan qurban terhadap hewan betina lagi, kami menghimbau agar semua yang melakukan qurban, semblih lah sapi jantan jangan yang betina,” tutup Wahidin. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*