Hendri Arnis Sampaikan Ranperda APBD-P

Padangpanjang,PADANGTODAY.COM -Wali Kota Padangpanjang Hendri Arnis menyampaikan Ranperda Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2014 untuk dijadikan Peraturan Daerah (Perda). Pada sidang paripurna DPRD Kota Padangpanjang, Senin kemarin.

“Dalam rangka menyikapi dan mengakomodir berbagai kebijakan dan perubahan yang terjadi, maka kita perlu melakukan penyesuaian-penyesuaian atau perubahan terhadap APBD Tahun Anggaran 2014,” kata Hendri Arnis.

Disampaikannya, secara legalitas formal penyesuaian atau perubahan tersebut memang telah diamanatkan oleh Perundang-undangan yang berlaku, seperti oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, sebagaimana telah diubah dengan Permendagri Nomor 21 Tahun 2011.

Dalam Permendagri tersebut ditegaskan bahwa Perubahan APBD dapat dilakukan dengan beberapa alasan antara lain seperti perkembangan asumsi yang tidak sesuai dengan Kebijakan Umum APBD (KUA).

Selanjutnya, keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran, keadaan saldo anggaran lebih tahun sebelumnya yang harus digunakan dalam tahun berjalan, keadaan darurat dan keadaan luar biasa.

Sebelum penyampaian Ranperda APBD-P, Wali Kota Padangpanjang juga sudah menyampaikan KUA PPAS APBD-P yang sudah disepakati antara pemerintah daerah dengan DPRD.

Dalam kesepakatan tersebut ada sedikit perubahan anggaran yang disampaikan oleh Wali Kota Padangpanjang tersebut seperti belanja daerah sudah di sahkan sebesar Rp539.7 miliar, jika sebelumnya Rp517,4 miliar atau naik sebesar 4,3 persen.

Dari sisi pendapatan daerah secara keseluruhan perubahan mengalami peningkatan pada 2014 sebesar Rp16,3 miliar yakni dari target sebesar Rp457,4 miliar sebelum perubahan menjadi Rp473,8 miliar setelah perubahan atau naik sekitar 3,57 persen.

“Peningkatan pendapatan terjadi karena adanya kenaikan Pendapatan Asli Daerah yang bersumber dari kelompok pajak daerah dan lain-lain PAD yang sah,” katanya.

Sedangkan pembiayaan daerah mengalami perubahan, dimana terjadi peningkatan penerimaan pembiayaan dari sisi lebih perhitungan anggaran sebesar Rp21,4 miliar atau meningkat sebesar 35,57 persen yakni dari Rp60 milair sebelum perubahan direncanakan menjadi Rp81,4 miliar sesudah perubahan.

Setelah disampaikan oleh Wali Kota Padangpanjang, maka DPRD akan membahasnya dan selanjutnya penyampaian pandangan umum  fraksi.

“Padangan fraksi terhadap Ranperda APBD-P 2014 ini akan disampaikan pada, Rabu mendatang,” kata Ketua DPRD setempat Asril Kasuma, setelah mendengarkan penyampaian dari Wali Kota Padangpanjang dan menutup sidang paripurna tersebut. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*