Hindari Konsumsi Tahu

Tahu
Padang PADANGTODAY.com-Tahu adalah sumber protein yang paling banyak dikonsumsi oleh para vegetarian untuk memenuhi kebutuhan protein mereka. Tahu juga merupakan makanan yang cukup populer untuk dikonsumsi di Indonesia.

Namun sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk nampaknya harus membuat Anda lebih berhati-hati dalam mengonsumsi tahu. Sebab kacang kedelai yang mendominasi bahan pembuat tahu mengandung zat yang disebut asam fitat. Asam ini mampu menghambat penyerapan mineral penting seperti kalsium, magnesium, tembaga, dan zat besi. Akibatnya tubuh Anda pun bisa kekurangan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kekurangan kalsium bisa mengantarkan Anda untuk terkena risiko tinggi osteoporosis dan kekurangan sel darah merah. Atas dasar itulah maka banyak ilmuwan dari Jepang menyarankan warga Jepang untuk mengonsumsi tahu dengan produk kedelai lainnya seperti miso atau natto. Sebab kedua makanan ini mengandung bakteri Bacillus subtilis yang mampu menurunkan kandungan asam fitat yang ada di dalam tahu.(dm/dil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*