Hingga April, BAZ Padangpanjang Kumpulkan Zakat Rp 1,02 Miliar

Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Padangpanjang, Sumatera Barat (Sumbar), berhasil mengumpulkan zakat dari muzakki atau pembayar zakat yang ada di daerah itu sebesar Rp1,02 miliar dari Januari sampai April 2015.

Advertisements

“Rata-rata kami bisa mengumpulkan zakat dari muzakki Rp250 juta sampai Rp280 juta setiap bulannya,” kata Ketua Harian BAZ Kota Padangpanjang, Rafles Sama di Padangpanjang, Rabu.
Menurut dia, besaran zakat yang berhasil dikumpulkan BAZ Padangpanjang sudah hampir mencapai target yang ditetapkan sebesar Rp3 miliar selama 2015.

“Mudah-mudahan bisa mencapai target, karena waktu pengumpulan zakat ada sekitar delapan bulan lagi selama 2015 ini,” ujarnya.

Ia mengatakan, muzakki yang menyalurkan zakatnya melalui BAZ di Padangpanjang tersebut berasal dari berbagai kalangan. “Muzakki tetap kita berasal dari Aparatur Sipil Negara, pengusaha dan masyarakat umum lainnya,” jelasnya.

Dalam pengumpulan zakat dari muzakki sebut Rafles, ada beberapa mekanisme yang diterapkan oleh BAZ Kota Padangpanjang.

“Kita menerapkan mekanisme seperti, dikirim langsung melalui rekening, menjemput langsung kepada muzakki dan ada juga yang langsung mengantarkan uang tunai ke kantor BAZ,” sebutnya.

Ia mengatakan, zakat yang berasil dikumpulkan oleh BAZ Padangpanjang, langsung di salurkan kepada mustahik dengan sejumlah program dengan total Rp673 juta selama empat bulan terakhir dari Januari sampai April.

Untuk program Padangpanjang Makmur kata dia, disalurkan sebesar Rp321 juta, Padangpanjang Cerdas sudah disalurkan sebesar Rp250 juta, Padangpanjang sehat sebesar Rp44,7 juta dan Padangpanjang peduli sebesar Rp56,7 juta.

“Sedangkan untuk penyaluran secara kolektif selama 2015 baru satu kali dengan jumlah penerima sebanyak 80 orang. Sementara insidentil hampir setiap hari,” katanya.

Pemrintah Kota Padangpanjang mendukung program yang akan di laksanakan oleh BAZ setempat untuk kesejahtaraan masyarakat.

“Program BAZ selama ini bisa membangkitkan masyarakat dari keterpurukan ekonomi, sehingga program BAZ tersebut sudah seharusnya ada dukungan dari Pemkot Padangpanjang dalam berbagai hal,” Wakil Wali Kota Padangpanjang Mawardi. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*