Huayuan China Masuk Dalam Daftar Orang Terkaya di China

ilustrasi

ilustrasi

Advertisements

PADANGTODAY.COM– Shao Qinxiang, pemimpin perusahaan induk dari Zhejiang Garden Bio-chemical yaitu Huayuan China masuk dalam daftar orang terkaya di China. Hal ini menyusul kenaikan harga saham Zhejiang yang merupakan perusahaan pemasok vitamin D3 terbesar di dunia.

Perusahaan induk atau Huayuan China didirikan pada 1981 oleh Shao dan lima orang rekannya. Kini, Huayan China terus melebarkan sayap bisnisnya di berbagai sektor seperti konstruksi, material, real estate, bio kimia serta makanan.

Pendapatan grup perusahaan ini tahun lalu mencapai USD 2,2 miliar. Huayuan China telah mendaftarkan anak usahanya yaitu Zhejiang Garden Bio-chemical di Bursa Efek Shenzen pada Oktober tahun lalu, dan dia meraup dana segar sekitar USD 25,7 juta.

Shao dan anak perempunnya memiliki 42 persen saham di bisnis ini. Nilai sahamnya mencapai USD 299 juta dengan ditutup naiknya saham Zhejiang Garden Bio-chemical pada perdagangan kemarin.

Tahun 2014 silam, Forbes sudah menobatkan Shao di peringkat 353 orang terkaya di China dengan total kekayaan mencapai USD 750 juta.

Selain Shao, ada lagi Hua Xuande yang merupakan bos perusahaan Zhejiang Jiuzhou Pharmaceutical. Hua pada minggu ini masuk dalam jajaran orang terkaya di China menyusul kenaikan harga saham perusahaan pemasok farmasi tersebut.

Zhejiang Jiuzhou Pharmaceutical terdaftar di Bursa Efek Shanghai sejak Oktober tahun lalu dengan nilai mencapai USD 129,3 juta. Dana ini digunakan untuk memperluas kapasitas produksi dan pusat penelitian. Keluarga Hua memiliki 60 persen saham perusahaan atau senilai USD 1 miliar. Kekayaannya terus bertambah berkat naiknya harga saham perusahaan mencapai tiga kali lipat dibanding harga awal IPO.

Pendapatan Zhejiang Jiuzhou Pharmaceutical sembilan bulan pertama tahun lalu mencapai USD 150 juta. Pendapatan ini turun 8 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Laba bersih perusahaan tercatat sebesar USD 17,3 juta atau turun 9,2 persen dibanding periode yang sama tahun 2013 lalu.

(idr/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*