Hujan Lebat, Payakumbuh Membara, 2 Rumah dan 21 Motor Hangus

Kebakaran di Jalan Jambu Payakumbuh. Api lumat habis 2 rumah dan 1 bengkel

Kebakaran di Jalan Jambu Payakumbuh. Api lumat habis 2 rumah dan 1 bengkel

Advertisements
Kebakaran di Jalan Jambu Payakumbuh dipantau langsung Kapolres Payakumbuh AKBP Yuliani SH

Kebakaran di Jalan Jambu Payakumbuh dipantau langsung Kapolres Payakumbuh AKBP Yuliani SH

Kebakaran di Jalan Jambu Payakumbuh

Kebakaran di Jalan Jambu Payakumbuh

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Hujan lebat menyiram Payakumbuh Kamis (28/1) pagi. Handphone berkedip-kedip, ada pesan masuk. 65 Pasar Ibuah Timur, seluruh armada meluncur. SMS masuk 11.24 WIB. Info langsung dari petugas Damkar Payakumbuh.

Ternyata, kebakaran hebat meluluhlantakkan perumahan warga di Jalan Jambu RT 02 RW 02 Kelurahan Kubu Gadang, Payakumbuh Barat, Kamis siang (28/1/2016) sekira pukul 11.00 Wib. Lokasi yang tak jauh dari Pasar Ibuah, ini memang dibangun dari bangunan kayu.

Akibatnya, 2 unit rumah semi permanen dan satu bengkel motor yang lokasinya hanya berjarak 500 meter dari Kawasan Pasar Ibuh itu, hangus jadi abu dilalap Sijago Merah. Malangnya, 21 motor yang berada dalam bengkel ikut ludes dijilat api, 8 dari motor yang hangus itu adalah jenis trabas.

Dua unit rumah yang hangus dilalap api itu adalah rumah milik warga bernama Linda (40), satu lagi milik In (40) yang sekaligus adalah juga pemilik bengkel.

Informasi sementara, sumber api diduga berasal dari dapur rumah warga bernama In. Api tiba-tiba saja sudah membesar, kemudian menurut informasi warga, sempat terjadi dua kali ledakan.

Mengetahui amukan si jago merah itu, warga berdatangan menolong untuk memadamkan api, namun upaya warga terkendala oleh kecepatan api yang merembet membakar bangunan rumah di sekitarnya.

Api baru bisa dijinakkan satu jam kemudian setelah seluruh unit mobil pemadam kebakaran yang ada di Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota, yang berjumlah 7 unit ikut turun dan harus berjibaku memadamkan api.

Pascakejadian, 2 unit rumah dan bengkel terlihat sudah rata dengan tanah setelah dimakan api. Mirisnya, 21 motor di dalam bengkel yang tidak bisa diselamatkan dari amukan api, tinggal menjadi rangka arang tak berguna.

Kapolres Payakumbuh, AKBP Yuliani SH yang dibagi info, menjawab telah mendatangi lokasi. Kebakaran yang tepat di sebelah pabrik tahu itu menggegerkan sampai ke tokoh masyarakat Payakumbuh yang tengah berada di luar kota.

”Mohon info lebih lengkap,” kata H Almaisyar Datuak Bangso Dirajo Nan Kuniang. H Almaisyar yang mencintai Payakumbuh ini terus nyinyir bertanya. Api sudah padam. Lokasi rata dengan tanah.(dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*