Hujan Lebat, Presiden Jokowi Tetap Turun Kesawah

Fhoto : Presiden RI Joko Widodo saat mengunjungi hamparan sawah di Jorong Piliang Nagari Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, kamis (08/02/18). (Humas/TD)

Advertisements

 

Tanah Datar, www.padang-today.com,- Ditengah cuaca hujan yang cukup deras menguyur kota Batusangkar, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tetap tidak mengurungkan niatnya turun ke hamparan sawah, dan menemui ratusan warga di Jorong Piliang Nagari Limo Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Kamis (08/02/18) sore.

Didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, Presiden Jokowi dengan dipayungi ajudannya turun didepan ratusan warga yang sudah menunggu kedatangannya sejak siang itu, walau hujan kembali menguyur semakin lebat.

Jokowi yang direncanakan tiba pukul 14.00 WIB itu sebelumnya mampir di Kota Solok dan Kota Sawahlunto serta Kabupaten Darmasraya.

Proyek yang disambangi Presiden ke 7 RI ini yakni sebuah proyek pembangunan irigasi persawahan, dan merupakan implementasi dari program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) melalui kegiatan Padat Karya di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat.

Untuk Kabupaten Tanah Datar sendiri, terdapat di dua lokasi jaringan irigasi. Yaitu program Pemberdayaan Petani Pemakai Air (P3A) Kubu Pilihan dan Sinibuang. Jumlah pekerja di kedua lokasi irigasi ini melibatkan 150 orang pekerja.

P3-TGAI adalah bagian dari program infrastruktur berbasis masyarakat yang diluncurkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Program ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dari petani pemakai air dalam kegiatan perbaikan, rehabilitasi, dan peningkatan jaringan irigasi di areal persawahan.

Untuk Sumatera Barat, Kementerian PUPR menganggarkan Rp 17 miliar untuk 98 lokasi jaringan irigasi di Kab. Agam, Dharmasraya, 50 Kota, Kota Padang, Padang Pariaman, Pasaman, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Sijunjung, Kota Solok, Solok Selatan dan Kabupaten Tanah Datar.

Usai menyusuri pematang sawah ditengah guyuran hujan lebat dan menyalami para pekerja yang masih tetap bertahan, Jokowi kembali ke kerumunan masyarakat yang juga tetap bertahan di pinggir jalan sembari meneriaki nama Presiden RI itu.

Jokowi yang sempat menginap di Hotel Emersia Batusangkar, akan melanjutkan perjalanan menuju Padang, Jumat (09/02/18) untuk menyambut Hari Pers Nasional (HPN) ke 70 bersama ratusan wadtawan di Tanah Air.(ddy)

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*