HUT RI di Pariaman Meriah

PARIAMAN,PADANGTODAY-Peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke 70 tingkat Kota Pariaman tahun 2015 berlangsung Khidmat dan meriah. Acara yang dipimpin langsung oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman sebagai inspektur upacara, bertempat di halaman Balaikota Pariaman, Senin (17/8), dihadiri oleh seluruh Forkopimda, Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyudin, Ketua Pengadilan Negri Pariaman Jon Effreddi, Kapolres Kota Pariaman AKBP Riko Junaldi, Wakil Walikota Genius Umar, Sekdako  Armen, Wakil DPRD Syafinal Akbar, Kepala Kantor Kemenag Kota Pariaman Yutrizal Khatib, Ketua TP PKK Ny. Reni Mukhlis, Ketua GOW Ny. Lucy Genius, Ketua Dharmawanita Afni Armen, Dandim 0308 Pariaman, Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD, Camat, Legiun Veteran, Pepabri dan peserta upacara.

Advertisements

 

Acara peringatan HUT RI ke 70 tahun ini mengusung tema Ayo Kerja, sesuai dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo. Dalam rangkaian upacara penaikan bendera detik-detik proklamasi, Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyudin membacakan teks Proklamasi, Kakankemenag Yutrizal Khatib Pembaca doa, Korsik dari SMP N 4 Pariaman, Perwira Upacara Kasat Sabhara AKP Syofyan Efendi, serta Komandan Upacara Kasat Lantas AKP Indra Sandy Purnama Sakti. Acara juga membunyikan sirene selama 70 detik pada saat detik-detik Proklamasi, yang menandakan 70 tahun Indonesia Merdeka.

 

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman selepas upacara mengatakan, untuk menumbuhkan semangat kemerdekaan yang dilakukan oleh pejuang-pejuang kita terdahulu, perlu bagi masyarakat untuk dapat mengisinya dengan mengadakan upacara atau perlombaan di setiap kecamatan bahkan desa. Untuk Kota Pariaman tahun 2015 ini mulai mengadakan upacara penaikan bendera di 3 kecamatan, yaitu kecamatan pariaman utara, timur dan selatan. Ini dilakukan untuk mengakomodir masyarakat yang ada di kecamatan untuk dapat merasakan dan menyaksikan upacara penaikan bendera merah putih dalam rangka menyambut Dirgahayu RI yang ke 70 tahun.

 

Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dilakukan oleh pasukan Paskibraka Kota Pariaman yang mulai direkrut dan dilatih dari bulan Juni lalu. Pasukan Paskibraka Kota Pariaman ini sukses melaksanakan tugasnya dengan baik tanpa melakukan kesalahan, hal ini mendapat ucapan selamat baik dari walikota, tamu undangan dan seluruh peserta upacara. Setelah upacara juga dilaksanakan penyerahan penghargaan Satyalancana Karya Satya bagi ASN Kota Pariaman, untuk masa bakti 10 tahun diterima oleh  Yota Balad Kasat Pol PP Kota Pariaman, masa bakti 20 tahun diterima oleh Salmiah Guru, dan untuk masa bakti 30 tahun diterima oleh Novrida Sekretaris DPPKA Kota Pariaman. Selain itu juga diserahkan penghargaan berbagai lomba dalam menyambut HUT RI ke 70 tahun yang diadakan oleh Pemko Pariaman. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*