HUt Satpol PP ke-65 dan satuan Perlindungan Masyarakat ke 53 tahun 2015, di Kota Sawahlunto Gubernur Irwan Prayitno : Satpol PP mesti Melaksanakan Tugas secara Profesional

gubernur Sumbar digiring pada pelaksanaan HUT Satpol PP ke 65 didampingi komaqndan Upacara.

gubernur Sumbar digiring pada pelaksanaan HUT Satpol PP ke 65 didampingi komaqndan Upacara.

Advertisements

DSC_4086 DSC_4066

Sawahlunto. PADANGTODAY.com-Peringatan HUT Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP) ke-65 dan Kesatuan Perlindungan Masyarakat ke-53 tahun 2015, tingkat Provinsi Sumatera Barat di laksanakan di lapangan Utrama Ombilin Kota Sawahlunto, Selasa pagi (14/4). Hadir dalam kesempatan itu Ketua DPRD Sumbar di wakili Sulthani, Forkopinda, Walikota Ali Yusuf, Bupati Yuswir Arifin, Wawako Ismed, Kepala Satpol PP Sumbar dan jajaran, Kepala Satpol PP se- Sumbar, kepala SKPD dilingkungan Pemko Sawahlunto.

Gubernur disela sela acara menyampaikan, Satpol PP memiliki peran strategis dalam pelaksanaan pemerintahan di daerah sesuai dengan UU no 23/2014 tentang Pemerintah Daerah dengan urusan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat dalam urusan pemerintahan wajib pelayanan dasar. Satpol PP memiliki konsekwensi logis agar profesional dalam menangani tugas sesuai dengan SOP.

Secara filosofi keberadaan Satpol PP merupakan tangan kanan kepala daerah, kerena itu setiap upaya pembangunan di daerah musthil terlaksana apabila tertib dan ketentraman belum tercapai.

Kita menyadari semangat kerja Satpol PP bisa menjadi bumerang ketika didukung dengan profesionalitas. Hal ini tentunya disebabkan hanya mengutamakan kerja, tanpa didukung dengan kerja cermat dan kerja cerdas.

Sehubungan dengan itu, kementerian dalam negeri mendorong profesionalisme Polisi Pamong Praja melalui jabatan fungsional berdasarkan Permen PAN dan RB nomor 4 tahun 2014 tentang Fungsional Polisi Pamong Praja dan Angka Kredit, ungkapnya.

Gubernur Irwan Prayitno juga menambahkan, kewibawaan Satpol PP bukan pada ukuran pakaian dan atributnya, melainkan dari konsistensinya menegakkan aturan secara proporsonal dan profesional.

Profesional tugas Satpol PP tidak mungkin diwujudkan tanpa dukungan dengan sarana dan prasarana yang memadai. untuk itu sesuai arahan Mendagri agar Bupati/ Walikota memperhatikan semua ini agar Satpol PP dapat optimal menjalan peran, fungsi dan tugasnya secara profesional dan lebih baik lagi dimasa masa datang.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Ali Yusuf menyampaikan, kota sawahlunto siap menyelenggarakan berbagai event dan acara tingkat provinsi, regional, nasional maupun internasional, sebagai ujud Koto Sawahlunto ini Kota Wisata Tambang yang berbudaya.

Kita saat ini telah menegaskan pengembangan pariwisata di setiap kecamatan sesuai dengan potensi dan budaya yang ada di tengah-tengah masyarakatnya. Oleh karena itu Sawahlunto siap selalu menyambut kunjungan wisatawan baik lokal, maupun mancanegara. himbaunya.

Pada HUT Satpol PP ini, Gubernur Irwan Prayitno menyerahkan piagam penghargaan kepada para petugas Satpol PP yang berprestasi, dimasing-masing, provinsim, kabupaten dan kota.

Kemudian juga dilanjutkan dengan atrasi kemampuan Satpol PP, yang disaksikan secara sesama oleh semua hadirin, peserta upacara. (admin)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*