Hutang Penderita Atresia Ani Dilunasi

PADANG–Riki Irawan (26), hanya terpaku kaget atas kedatangan Tim Dompet Dhuafa Singgalang, Dana Kurnia, dan Rio Nardo pada Rabu sore (4/10), di kediaman mereka, Kabun Jati, Korong Kampung Sagit, Nagari Limau Purut, Kecamatan V Koto Timur, Kabupaten Padang Pariaman. Seolah tak menyangka permohonannya akan dikabulkan oleh Dompet Dhuafa Singgalang.

Riki terhutang sebanyak Rp. 6.780.000,- untuk pengobatan sang putra, Al Khanzu Hudzaifah (2) yang didiagnosis menderita Atresia Ani. Terlahir tanpa anus, dan telah melalui enam tahapan operasi karena ditemukan kelainan pada ususnya.

Masih diperlukan operasi lanjutan untuk mengangkat usus tersebut.

Anak kedua dari sang istri, Rini Susanti (29) ini bahkan sudah sulit berjalan. Riki yang pekerjaan sehari-harinya sebagai karyawan di salah satu usaha peternakan ayam dengan gaji pas-pasan, berusaha mati-matian agar sang anak dapat normal

“Kami mendampingi pak Riki dalam pelunasan hutang. Enam tetangga telah kami datangi untuk pelunasan, sayangnya satu rumah sedang ditinggal pergi oleh penghuninya,” tutur Rio.

Dana menimpali cerita Rio dengan perjalanan yang mereka tempuh untuk mencapai kediaman Khanzu. Berkendara Sepeda motor, mereka menempuh kurang lebih satu jam perjalan dari Padang.

“Untuk mencapai rumah Khanzu, kami melewati jalan setapak yang berjarak kurang lebih satu kilometer memasuki hutan. Rumah semipermanen yang hanya memilik satu kamar, mereka huni bersama orangtua sang istri,” seloroh Dana.

Keluarga Riki juga turut haru atas pendampingan yang dilaksanakan Dana dan Rio. Ia tak kuasa bicara banyak, seolah apa yang ia alami hanya mimpi.

“Saya mewakili keluarga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bantuan melunasi hutang piutang yang kami tanggung, mudah-mudahan dibalas oleh Allah dengan pahala yang berlimpah dan dimudahkan segala urusan. Aaminn ya robbal’alamin,” bunyi pesan singkat yang diterima Dana malam harinya, sepulang dari kediaman Riki.

Riki juga mengungkapkan harapannya agar ia dapat menjadi keluarga yang senantiasa bersyukur kepada Allah. Ia berharap, kondisi Khanzu bukan menjadi ujian, melainkan suatu berkah baginya untuk mewujudkan cintanya kepada Allah SWT. (n/admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*