Indang Dewata : Sekolah/Madrasah Harus Jalankan Program Adiwiyata

Indang Dewata Kadisdik Kota Padang saat berada di ruang pertemuan Bagindo Aziz Chan Balaikota Padag di Air Pacah, Rabu (3/9).

Indang Dewata Kadisdik Kota Padang saat berada di ruang pertemuan Bagindo Aziz Chan Balaikota Padag di Air Pacah, Rabu (3/9).

Padang, PADANGTODAY.com – Setiap sekolah di haruskan menjalankan Program Adiwiyata karena bereratan dengan krakter siswa di sekolah untu meningkatkan rasa kepedulian, kecintaan para siswa di sekolah terutama sekali di bidang lingkungan sekolah seperti menjaga kebersihan, ketertiban dan keindahan (K3).

Hal ini disampaikan Indang Dewata Kadisdik Kota Padang mewakili Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah, SP di ruangan pertemuan Bagindo Aziz Chan Balaikota Padag di Air Pacah, Rabu (3/9).

Indang Dewata mengatakan bagi sekolah yang kurang peduli dengan lingkungan di sekolah apalagi tidak menjalankan program Adiwiyata sama sekali akan di berikan sangsi, sekurang-kurang Kepala sekolah tersebut di pindah tugaskan. Jadi tidak ada alasan, terkait dengan bebas biaya pendidikan sebagai program unggulan Pemerintah Kota Padang.

“Sesuai surat edaran Walikota Padang, terutama sekolah/madrasah untuk dapat memahami dengan seksama, di mana untuk saat ini tidak ada lagi sekolah/Madrasah yang tidak ikut program Adiwiyata nantinya, hal ini akan terus di pantau oleh tim Adiwiyata,” jelas Indang.

Lebih jauh, Indang katakan seluruh peserta rapat hari ini serta bagi yang belum bergabung dengan Adiwiyata untuk dapat melaksanakan program Adiwiyata yang telah difasilitasi oleh Bapedalda, Disdik dan Kemenag. Bila ada berkaitan dengan Adiwiyata hendaknya selalu berkoordinasi dengan SKPD terkait tersebut. Sehingga kedepannya tidak akan pernah mendengarkan kalau ada sekolah/Madrasah yang tidak laksanakan program Adiwiyata.

“Mulai hari ini diminta SKPD terkait, Bapedalda, Disdik dan Kemenag untuk dapat melaporkan sekolah/Madrasah yang enggan untuk melaksanakan program Adiwiyata, agar saya berpikir nantinya untuk mencarikan gantinya orang yang mau menciptakan suasana surga dilingkungan sekolahnya,“ tegasnya.

Indang berharap, semua peserta rapat berjumlah 150 orang terdiri dari 75 Kepala sekolah dan 75 orang dari tenaga IT untuk aplikasi komputer, pertemuan ini hendaknya diikuti dengan sungguh-sungguh, sehingga timbul niat untuk meraih Adiwiyata akan segera kesampaian.

Sementara itu, Edi Hasymi, Ketua Pelaksana acara sosialisasi, evaluasi dan workshop Adiwiyata mengatakan bahwa acara sosialisai ini sangat penting sekali untuk membentuk karakter siswa di sekolah, bertujuan salah satunya untuk dapat meningkatkan serta memacu semangat sekolah/madrasah untuk laksanakan Adiwiyata dan juga dapat meningkatkan kemampuan sekolah dalam melaksanakan Adiwiyata. (rel/ari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*