Indra Sjafri: Timnas U-19 Petik Pelajaran Mental di Brunei

Indra Sajafri
PADANGTODAY.com-Walau babak belur di Hassanal Bolkiah Trophy (HBT) 2014, Brunei Darussalam, pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, mengaku mendapat banyak pelajaran. Terutama dari sisi mental.

Skuat Garuda Jaya hanya berhasil meraih satu kali kemenangan dari lima kali laga Grup B. Kemenangan didapat di laga terakhir melawan Singapura U-21. Satu laga lain kontra Malaysia, berakhir imbang. Sementara tiga lainnya, masing-masing melawan Brunei, Vietnam, dan Kamboja, berkesudahan dengan kekalahan.

“Meski begitu, kami mendapat banyak pelajaran dari HBT. Hampir semua tim termasuk Indonesia memperoleh pengalaman dari sisi mental,” terang Indra Sjafri.

“Moral kami juga, bagaimana pemain bisa keluar dari tekanan dan kekalahan. Itu yang akan terus kami perbaiki sebagai pelatih dan melanjutkannya di Jakarta,” sambungnya.

Hal tersebut, diharapkan Indra, dapat menebalkan kepercayaan diri para pemain saat tampil di Piala Asia U-19, Oktober 2014. Sebab menurut Indra, di situlah pertarungan utamanya.

“Pemain dalam performa di pertandingan kelima dan mampu mencetak gol. Kemenangan telak itu diharapkan mengangkat motivasi pemain setelah menuai hasil buruk di empat laga penyisihan Grup B HBT,” tuntasnya.
(esa/dil)