Infeksi Ringan Pada Tubuh Berefek Besar Pada Otak

Ilustrasi

Ilustrasi

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Temuan terbaru menunjukkan bahwa infeksi ringan pada tubuh dapat memiliki efek besar pada otak yang menyebabkan penurunan IQ.

Peneliti Denmark mengatakan bahwa ada kaitan yang sangat erat antara infeksi tubuh dan kerusakan otak. Semakin parah infeksi, semakin buruk pula kerusakan yang terjadi di otak.

Menurut para peneliti, infeksi ringan di tubuh dapat merusak IQ seseorang selama beberapa tahun. Mereka juga menemukan bahwa orang yang dirawat di rumah sakit karena infeksi memiliki skor IQ 1,76 lebih rendah. Dan orang-orang yang menderita lima infeksi serius memiliki skor IQ 9,44 lebih rendah.

Sebagaimana dilansir Daily Mail (20/5), para peneliti mengatakan bahwa studi ini adalah yang terbesar dari jenisnya sampai saat ini, dan itu menunjukkan korelasi yang jelas antara tingkat infeksi dan terganggunya kemampuan mental seseorang.

“Infeksi tidak hanya mempengaruhi otak secara langsung, tetapi juga melalui mempengaruhi kemampuan mental kita,” kata Dr Michael Eriksen Benros dari University of Copenhagen.

Dr Michael juga menambahkan bahwa infeksi sebelumnya dikaitkan dengan depresi dan skizofrenia, dan telah terbukti mempengaruhi kemampuan kognitif pasien yang menderita demensia.

“Kami melihat bahwa otak dipengaruhi oleh segala jenis infeksi,” lanjutnya.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal PLOS ONE, dan melibatkan 190.000 orang Denmark yang lahir antara tahun 1974 dan 1994. IQ mereka dicatatd dari tahun 2006 sampai 2012.

(des/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*