Inilah 3 Alasan Yang Seringkali Gagal Turunkan Berat Badan

nontonPADANGTODAY.com – Sedang berusaha menurunkan berat badan namun sering tak berhasil atau diet Anda seolah tak membuahkan hasil? Jangan-jangan Anda melakukan beberapa hal yang bisa menghalangi menurunkan berat badan. Penelitian terbaru mengungkap tiga alasan yang bisa membuat seseorang seringkali gagal menurunkan berat badan.

Inilah hal yang bisa menghalangi turunnya berat badan.

1. Minum alkohol
Alkohol diketahui sebagai salah satu minuman yang memicu rasa lapar dan meningkatkan nafsu makan. Alkohol mempengaruhi bagian otak yang meningkatkan respon tubuh terhadap makanan, sehingga makanan terasa lebih enak dan kita akan merasa ingin makan lebih banyak. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi alkohol sebelum makan akan meningkatkan rasa lapar dan membuat kita makan lebih banyak dari biasanya.

2. Kurang tidur
Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kurang tidur bisa mempengaruhi hormon lapar dan bisa mencegah turunnya berat badan. Tidur kurang dari tujuh jam setiap malam akan memicu rasa lapar dan keinginan untuk ngemil keesokan harinya. Penelitian juga mengungkap bahwa ketika orang kurang tidur, mereka cenderung mengonsumsi makanan yang tidak menyehatkan yang nantinya bisa memicu penambahan berat badan.

3. Terlalu banyak menonton televisi
Orang yang terlalu banyak menonton televisi cenderung kelebihan berat badan. Kebanyakan orang berpikir ini karena orang yang menonton televisi biasanya jarang berolahraga. Namun tak hanya itu saja. Ketika menonton televisi seseorang cenderung makan lebih banyak. Ini karena mereka tak berfokus pada makanan yang dikonsumsi ketika menonton televisi. Terlalu banyak menonton televisi akan memicu hormon ghreline yang berkaitan dengan rasa lapar.

Itulah beberapa kebiasaan yang menghalangi turunnya berat badan. Jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, jangan lakukan hal di atas. Kurangi konsumsi alkohol, perhatikan kebutuhan tidur, dan jangan menonton televisi sambil makan.

(dk/nol)